Pemilu 2014

Desk Pemilu Hanya Tempat Kumpul Pejabat

Desk Pemilu yang dibentuk Pemkab Aceh Barat di Kantor Kesatuan Pembangunan dan Politik (Kesbangpol) di kompleks kantor bupati

* Tak Lakukan Rekap Hasil Pemilu

MEULABOH - Desk Pemilu yang dibentuk Pemkab Aceh Barat di Kantor Kesatuan Pembangunan dan Politik (Kesbangpol) di kompleks kantor bupati, ternyata tidak melakukan rekapitulasi hasil pemungutan suara Pileg 2014 di daerah itu.

“Kita memang tidak lakukan rekapitulasi,” kata Kakankesbangpol, Salamuddin menjawab Serambi, Rabu malam.

Pengamatan Serambi dalam tiga hari terakhir, Desk Pemilu ini hanya menyediakan informasi seputar pelaksanaan pemilu, dan lebih sering menjadi lokasi berkumpulnya para pejabat di wilayah ini.

Seperti pada Rabu malam, Bupati HT Alaidinsyah, Wabup H Rachmat Fitri HD dan beberapa pejabat Pemkab hanya duduk-duduk dan berkumpul di Desk Pemilu, setelah memantau pemungutan suara di sejumlah wilayah. 

Kondisi ini tentunya berbeda dengan desk pemilu di daerah lain yang ikut merekap hasil pemungutan suara, sebagai data pembanding dan internal jajaran Pemkab. Sehingga bila ada yang ingin mengetahui data sementara bisa mengaksesnya.

Sementara itu, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat, dilaporkan meski memiliki media center tetapi tidak menyediakan rekapitulasi dan akan direkam setelah seluruh kertas suara dan hasil Pemilu dari PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan).

“Kita lakukan rekap setelah direkap di TPS dan dilanjutkan ke PPK dan baru diteruskan ke KIP. Sejauh ini terhadap hasil Pemilu juga belum ada sama kita,” kata anggota KIP Aceh Barat, Sabki Mustafa Habli, Kamis kemarin.

Diakuinya, sejauh ini pelaksanaan Pemilu di Aceh Barat berjalan lancar dan tidak ditemukan hal yang menganggu dilaksanakan di 516 TPS se-Aceh Barat. Sedangkan hasil perhitungan dan rekapitulasi ada yang masih direkap di desa dan ada yang sudah diserahkan ke PPK di kantor camat.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Faisal Rivai melalui Wakapolres, Kompol Nur Khamid mengatakan, Polres membuka media center hasil rekapitulasi suara hasil Pemilu di Aceh Barat, yakni DPRK, DPD, DPR RI, dan DPRA. Sedangkan data yang masuk ke media center Polres dari personil di lapangan yang memantau dan mengamankan jalannya pemilu. “Data sama kita sebagai data internal saja,” kata Wakapolres.

Kapolres Faisal Rivai didampingi Dandim Letkol Deny Azhar Rizaldi mengungkapkan, pelaksanaan Pemilu di Aceh Barat berjalan lancar dan aman serta tidak ditemukan hal yang menanggu. Bahkan antusias masyarakat ke TPS juga sangat tinggi.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved