SerambiIndonesia/

Serambi Kuliner

Segarnya Es Timun Serut Khas Aceh

ES timun yang satu ini, rasanya segar dan sehat. Cocok banget disuguhkan untuk menu buka puasa

Segarnya Es Timun Serut Khas Aceh
Es Timun Serut Khas Aceh

MENGUNJUNGI Aceh saat bulan puasa, kurang afdhal rasanya bila belum meneguk kesegaran ie boh timon atau es serut timun. Rasanya yang manis dan menyegarkan memang betul-betul pas untuk menghilangkan dahaga. Sesuai namanya, es timun serut ini berbahan dasar timun. Timun yang digunakan adalah timun sayur, setelah dikupas kulit tipisnya lalu diserut secara manual. Setelah itu, serutan timun pun kadang sering dicampur dengan sirup manis dan es batu. Disajikan saat berbuka puasa atau saat terik merupakan pilihan yang sangat pas. Pada Serambi Kuliner edisi Sabtu ini, Azwani Awi menurunkan kumpunan es timun serut, yang disadur dari berbagai sumber.

ES timun yang satu ini, rasanya segar dan sehat. Cocok banget disuguhkan untuk menu buka puasa. Tak hanya masyarakat Aceh, bahkan artis dan presenter kondang, Farhan,  sekalipun ngidam es timun serut Aceh saat hari pertama puasa.

Meski baru berpuasa hari pertama di bulan Ramadhan, presenter Farhan bersama keluarganya sudah mengidamkan panganan tertentu jelang berbuka. Bukan kolak maupun takjil manis lainnya, tapi justru es timun serut.

Ya, es timun serut dari Aceh ini merupakan kesukaan keluarganya. “Tiap tahun di bulan puasa, kami suka banget sama es timun serut,” ujarnya di ballroom Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat, Sabtu (28/6) malam lalu.

Es timun serut ini biasanya dibuatkan oleh istrinya. Farhan dan keluarganya hanya mengkonsumsi es timun serut tersebut saat bulan puasa. “Hmmm, itu enak banget. Cuma kita makan di bulan puasa. Kalau bulan-bulan biasa enggak enak dimakannya,” ungkap penyiar radio Delta FM itu.

Es timu sert adalah minuman khas Aceh. ‘Ie boh timon’ begitulah yang familiar kita dengar di masyarakat untuk menyebutkan minuman segar ini.

Timun serut memang banyak dinikmati masyarakat di saat berbuka puasa. Rasanya yang manis dan menyegarkan memang betul-betul pas untuk menghilangkan dahaga selama menjalankan puasa.

Tak hanya itu, es timun serut ini juga mempunyai khasiat yang bisa menghadang rasa mual dan muntah saat kehamilan. Khasiat lainnya, yakni agar selera makan kembali bangkit.

Sesuai dengan namanya, es timun serut ini berbahan dasar timun. Timun yang digunakan adalah timun sayur, setelah dikupas kulit tipisnya lalu diserut secara manual. Setelah itu, serutan timun pun kadang sering dicampur dengan sirup manis, dan es batu. Disajikan saat berbuka puasa atau saat terik merupakan pilihan yang sangat pas.

Pemilihan timun sebagai bahan dasarnya didasarkan karena tidak memerlukan biaya banyak untuk menghidangkan minuman yang segar.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help