SerambiIndonesia/

Jika Kesulitan, Segera Minta Bantuan Provinsi

KEPALA Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Drs Said Rasul yang dimintai tanggapannya

KEPALA Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Drs Said Rasul yang dimintai tanggapannya soal bencana banjir yang melanda   sejumlah kabupaten/kota di Aceh mengatakan, pihaknya terus memantau dan memobilisasi bantuan ke daerah-daerah yang sudah menetapkan status darurat, seperti Aceh Timur, Tamiang, dan Aceh Utara.

Said Rasul yang memberikan keterangan pada acara ‘Cakrawala’ Radio Serambi FM 90,2 MHz, Selasa (23/12) menjelaskan, Pemerintah Kabupaten/Kota bertanggungjawab penuh jika terjadi banjir di daerah mereka. Pemerintah Aceh melalui BPBA tetap membantu apabila pemerintah kabupaten/kota telah menetapkan status tanggap darurat bencana untuk wilayah masing-masing.

Menurut Said Rasul, ada dua sumber bantuan dari Pemerintah Aceh, yaitu dari BPBA setelah ada penetapan status bencana dan dari Dinas Sosial yang langsung bisa menyalurkan tanpa harus menunggu penetapan status.

Diakui Said Rasul, Aceh masih kurang sarana evakuasi untuk penanganan korban banjir, seperti perahu karet dan speed boat. Namun, kerja sama tim penanggulangan bencana di masing-masing daerah dinilai sudah berjalan baik, seperti unsur SAR, PMI, Tagana, RAPI, TNI/Polri, masyarakat, dan berbagai pihak lainnya.

Masyarakat, kata Said Rasul, tidak perlu panik. Pemerintah siap membantu korban bencana. Dia juga berharap pemerintah kabupaten/kota untuk selalu memprioritaskan kesiapsiagaan menghadapi bencana. Salah satunya dengan cara mengalokasikan anggaran yang memadai di APBK untuk penanggulangan bencana, sehingga ketika bencana terjadi tidak panik dan mudah menanganinya.

Terkait dengan banyaknya pengungsi korban banjir, Said Rasul berharap penanganannya harus cepat dan tepat di samping menggunakan alat-alat yang betul-betul aman saat evakuasi. “Apabila penanganannya sudah sulit dilakukan oleh kabupaten/kota, segera minta bantuan ke provinsi dalam bentuk bahan-bahan penunjang untuk penanganan pengungsi,” demikian Said Rasul.(nas)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |

Tags
banjir
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help