Konsil Kedokteran Tinjau RSUZA

Tim Desk Evaluasi dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Senin hingga Selasa (9-10/3) meninjau Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin

* Melihat Kesiapan Empat Prodi Pendidikan Spesialis

BANDA ACEH - Tim Desk Evaluasi dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Senin hingga Selasa (9-10/3) meninjau Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh untuk melihat kesiapan rumah sakit pendidikan utama itu dalam mendukung dibukanya empat program studi (Prodi) pendidikan profesi speasialis di Fakultas Kedokteran (FK) Unsyiah.

Dekan FK Unsyiah, Dr dr Mulyadi SpP (K) menyampaikan hal ini kepada Serambi, Selasa (10/3). Ia menyebutkan empat prodi pendidikan profesi spesialis yang akan dibuka itu adalah neurologi (syaraf), pulmologi (paru), kesehatan anak dan prodi spesialis THT. “Mereka mewawancarai dan mengunjungi empat bagian/SMF itu di RSUZA,” kata dr Mulyadi.

Menurut Mulyadi aspek yang dinilai adalah kesiapan sumberdaya manusia (SDM) untuk penyelenggaraan pendidikan spesialis, kesiapan administrasi, fasilitas penunjang, dukungan pemerintah daerah, serta minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di empat prodi spesialis tersebut.

Jauh-jauh hari, kata Mulyadi, FK Unsyiah dan RSUZA Banda Aceh telah mempersiapkan diri untuk membuka empat prodi pendidikan profesi spesialis di Unsyiah. Persiapan itu, di antaranya menjalin kerjasama dengan sejumlah rumah sakit pendidikan di seluruh Aceh.

Mulyadi menambahkan setelah kunjungan ke RSUZA Banda Aceh, tim penilai akan membahas di internal KKI, kemudian dikeluarkan rekomendasi yang ditujukan kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Rekomendasi ini berisi kesimpulan layak atau tidaknya dibuka empat prodi spesialis di Unsyiah. “Diperkirakan, akhirnya Maret ini, sudah ada hasilnya. Mudah-mudahan, keempat prodi spesialis itu lulus dan diizinkan dibuka di Unsyiah,” demikian dr Mulyadi SpP (K).        

Mulyadi menyebutkan tim visitasi itu adalah Prof Dr dr Nancy Margarita Rehatta SpAN KIC KNA (Divisi Pendidikan KK KKI), Prof Dr dr Wiwin Heru Wiyono PhD SpP (K) (Ketua Divisi Registrasi KK KKI), dan Dr drg Zaura Anggraeni MDS (Ketua Divisi Pembinaan KKG KKI).

Sedangkan yang menerima tim ini Ketua Komite Medik RSUZA dr Mohd Andalas SpOG, mantan Direktur RSUZA Dr dr Syahrul SpS (K), Pembantu Rektor I Unsyiah  Dr Hizir Sofyan, Wakil Direktur Pelayanan Medis Dr dr Azharuddin SpOT, seluruh Kepala bagian FK Usnyiah/RSUZA, dan seluruh pembantu dekan FK Unsyiah.(min)    

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved