SerambiIndonesia/

5 Cara Menabung yang Jitu!

Tak ingin gaji Anda tiap bulannya habis untuk berbelanja? Anda tetap perlu menyisihkan sebagian uang untuk menabung..

5 Cara Menabung yang Jitu!
Shutterstock
ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Tak ingin gaji Anda tiap bulannya habis untuk berbelanja? Anda tetap perlu menyisihkan sebagian uang untuk menabung. Sulit memang untuk menabung dengan banyaknya “godaan" yang Anda terima saat berjalan di pusat perbelanjaan ataupun window shopping di online shop. Ini dia lima cara mudah dan menyenangkan untuk “menyelamatkan" uang di dompet Anda dikutip dari cosmopolitan. 

Manfaatkan Aplikasi Smartphone

Jika pena dan buku catatan tidak mampu membuat Anda lebih rajin menyimpan uang, kabar baiknya ada banyak aplikasi smartphone yang sekarang bisa digunakan untuk membantu Anda menabung. Beberapa aplikasi seperti Mint yang mendapat pujian dari CNN Money, Simple, You Need a Budget, Money Lover, hingga Expense Manager yang mampu mengekspor file Anda menjadi Excel, bisa menjadi cara mudah yang bisa Anda manfaatkan untuk menabung.

Gunakan Numerologi

Pejamkan mata Anda sejenak lalu pikirkan sebuah angka secara acak. Setelahnya, gunakan angka tersebut sebagai target tabungan Anda. Misal, jika umur Anda 25 tahun, maka Anda bisa saja menabung hingga angkanya mencapai 25 juta. Atau bisa juga di sepanjang tahun 2015 ini Anda ingin menabung hingga jumlahnya mencapai USD2015. Mudah dan asyik, kan?

Emergency Money

Ingat kembali bahwa tabungan tersebut bisa saja dipakai sewaktu-waktu dalam keadaan mendadak. Lebih baik memiliki lima juta rupiah dalam tabungan Anda dibandingkan tidak ada sama sekali, kan?

Stock Up

Memang sulit sekali rasanya untuk tidak berbelanja. Namun, daripada menghabiskan uang tersebut untuk keinginan Anda yang tiada habisnya, lebih baik gunakan uangnya untuk membelikan produk yang biasa digunakan sehari-hari.

Tabunglah untuk Barang Termahal

Pilihlah barang branded termahal yang Anda inginkan, misalkan tas Chanel seharga 30 juta, lalu menabunglah sejumlah uang tersebut. Tapi setelah jumlah uangnya terkumpul, pikirkan kembali apakah perjuangan yang Anda lakukan untuk mengumpulkan uang tersebut sebanding dengan tas yang Anda inginkan. Jika tidak, well ladies, Anda sudah berhasil untuk menabung. 

Tags
Tips
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help