SAR Aceh Evakuasi ABK Kapal Asing

Personel Badan SAR Nasional (Basarnas) Aceh, Selasa (20/10) siang, sekitar pukul 15.00 WIB

* Alami Kecelakaan Kerja

BANDA ACEH - Personel Badan SAR Nasional (Basarnas) Aceh, Selasa (20/10) siang, sekitar pukul 15.00 WIB berhasil mengevakuasi anak buah kapal (ABK) asing, Nguyen Duc Ching (22), yang mengalami kecelakaan kerja saat sedang melintasi Samudera Hindia.

Kasi Operasi Basarnas Aceh, Ibnu Haris Al Husen kepada Serambi kemarin mengatakan, Nguyen yang berkewarganegaraan Vietnam merupakan ABK kapal kargo MV Seward, kapal berbendera Panama.

Saat dalam pelayaran dari India menuju Singapura, Nguyen mengalami kecelakaan kerja hingga menyebabkan tangan kanannya putus, akibat terjepit palka kapal. “Pada Minggu 18 Oktober siang kami dihubungi Syahbandar Sabang jika ada korban kecelakaan di kapal MV Seward, namun saat itu mereka masih di perairan Srilanka yang berjarak 400 mil. Sehingga Tim SAR Aceh menunggu di perairan Aceh,” ujar Ibnu Haris.

Penjemputan ABK kapal asing itu dengan tiga kapal yakni, satu Sea Rider dan dua kapal pol air. Awalnya tim yang berangkat pukul 09.00 WIB kesulitan karena tidak bertemu dengan kapal kargo tersebut, disebabkan ada kesalah pahaman koordinat titik temu, sehingga setelah dikoordinasi lebih lanjut evakuasi dilakukan di Selat Benggala atau perairan Pulo Aceh, 10 mil dari Banda Aceh.

Selanjutnya korban yang didaratkan melalui Pelabuhan Ulee Lheue dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh untuk penanganan medis lebih lanjut. “Saat ini korban ditangani oleh Kantor Karantina Pelabuhan selama perawatan, selanjutnya diserahkan kepada agennya untuk pemulangan,” tandas Haris.(mr)

identitas abk
* Nama: Nguyen Duc Ching (22)
* Warna Negara Vietnam  
* ABK Kapal Cargo NV Seward berbendera Panama

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved