Satu Kapal Asing Diledakkan

Direktorat Jendral (Ditjen) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), bersama TNI-AL dan Polri

LANGSA - Direktorat Jendral (Ditjen) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), bersama TNI-AL dan Polri, Selasa (20/10) memusnahkan dengan cara meledakkan satu kapal trawl berbendera Malaysia, di lokasi 12 mil dari Pelabuhan Langsa.

Pemusnahan kapal yang melakukan illegal fishing ini, disaksikan Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi Direktorat Penanganan Pelanggaran Dirjen PSDKP Kementrian Kelautan Perikanan RI, Ir Rina E Hadirini, Danlanal Lhokseumawe, Kolonel Marinir Nasrudin, Kasi Gakkum Dirpolair Polda Aceh, Kompol Bukhari. Selain itu, juga hadir Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Ir T Diauddin, Kapolres Langsa AKBP Sunarya, Ketua PN Langsa Ismail Hidayat SH, Kajari Langsa R Mitahol A SH, Kasdim 0104/Atim Mayor Rahmat, Wakapolres Aceh Timur Kompol Charlie.

“Sesuai arahan Menteri Kelautan, setiap kegiatan penangkapan ikan ilegal (illegal fishing) perlu ditindak lanjuti dengan tegas, demi menjaga kedaulatan negara dalam menjaga kawasan laut Indonesia, dari penjarahan ikan oleh nelayan asing,” kata Ir Rina Hadirini, Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi Direktorat Penanganan Pelanggaran, pada Dirjen PSDKP Kementrrian Kelautan Perikanan (KKP) RI, di lokasi eksekusi.

Pemusnahan kapal trawl tersebut, karena tidak memiliki kelengkapan dokumen SIUP, dan alat tangkap yang digunakan tidak ramah lingkungan. Selain itu, anak buah kapal (ABK) trawl itu juga tidak memiliki dokumen atau paspor yang sah untuk memasuki wilayah Indonesia.(zb)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help