BKPP Banda Aceh Verifikasi Ulang Data PNS

Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP

* PNS Aktif Tercatat Sudah Pensiun

BANDA ACEH - Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) kini melakukan verifikasi data PNS di jajarannya. Pendataan ulang itu untuk kevalidan data pegawai dan mengantisipasi penggunaan ijazah palsu.

Kepala BKPP Kota Banda Aceh, Emila Sovayana mengatakan, pendataan ulang data PNS itu dilakukan secara bertahap. Disebutkan ada empat tahapan verifikasi ulang data pegawai itu, yakni pertama dilakukan oleh masing-masing SKPK dengan meregistrasi para pegawai.

Tahapan kedua dilakukan BKPP dan selanjutnya dilakukan BKN Regional. Sedangkan tahapan terakhir, sebut Emila adalah dilakukan di BKN Pusat. “Makanya sebelum sampai ke BKN Pusat, PNS harus memberikan data yang benar sehingga tidak menyulitkan diri sendiri di kemudian hari,”ujar Emila Sovayana, seraya menambahkan kini verikasi data PNS di jajaran Pemko Banda Aceh belum sampai ke level 4 atau ke BKN Pusat.

Begitupun diakui Emila dalam verikasi yang dilakukan selama ini banyak ditemukan data PNS yang tak lengkap serta ada yang masuk data PNS dari luar Pemko Banda Aceh. Sedangkan indikasi penggunaan ijazah palsu menurutnya juga belum ditemukan. “Dalam verikasi ini kami juga menemukan data PNS masih aktif tapi tercatat sudah pensiun,” sebutnya. Ditambahkan Kepala BKPP Banda Aceh itu hal itulah yang membuat petugas BKPP harus kerja keras untuk mengsinkronkan data para pegawai itu yang dilakukan secara berjenjang pula.

Dalam kasus lain Emila juga menyebutkan, ada seorang guru yang tak akurat data terutama tanggal lahir yang diajukan lebih muda 2 tahun dari data sebenarnya. Ketika dicek data ketika memasuki pensiun ternyata seharusnya sudah 2 tahun lalu pensiunnya. Sehingga pegawai itu harus membayar kembali gajinya serta uang sertifikasi selama 2 yang telah dipakainya untuk negara, yang besar dananya lebih kurang dua ratusan juta rupiah.

Dalam rangka peningkatan kompetensi, kinerja dan disiplin aparatur pemerintahan, BKPP Kota Banda Aceh juga mengadakan sosialisasi Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam acara yang dibuka Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal SE itu juga hadir Direktur Peraturan Perundang-undangan BKN Pusat Jakarta, Haryono Dwi Putranto, sebagai narasumber yang juga mengupas soal PP No 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, dan PP No 70 Tahun 2015 tentang Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian bagi Pegawai ASN. Kegiatan yang digelar selama dua hari di Aula Lantai IV Gedung A Balai Kota Banda Aceh itu diikuti 180 PNS serta pejabat di jajaran Setdako Banda Aceh.(mis/rel)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved