Begini Cara Bedakan Kopi Arabika dan Robusta

"Cita rasanya, robusta lebih tinggi cafeinnya dua kali dari arabika. Itu yang paling mendasar," kata Dedi Zaini yang juga Ketua Asosiasi Pelaku Parawi

Begini Cara Bedakan Kopi Arabika dan Robusta
SERAMBINEWS.COM/MUHAMMAD HADI
Seorang pengunjung minum Khupi Khop atau kopi disajikan dengan gelas terbalik di arena Festival Kopi dan Teh Nusantara di Taman Sari, Banda Aceh, Sabtu (7/11/2015). 

Laporan Muhammad Hadi | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kopi sudah menjadi minuman harian bagi mayoritas warga Aceh khususnya, dan Indonesia umumnya.

Berbagai cara dalam menyajikan kopi hingga menjadi cita rasa yang nikmat. Tapi umumnya penikmat kopi mengenal jenis kopi arabika dan robusta.

Salah seorang juri peracik kopi (Barista), Dedi Zaini menjawab Serambinews.com tentang cara membedakan kopi arabika dan robusta di Festival Kopi dan Teh Nusantara di Taman Sari, Banda Aceh, Sabtu (7/11/2015).

Menurut Dedi Zaini, perbedaan keduanya cukup banyak, tapi ada beberapa hal yang cukup mendasar.

Mulai dari varietas tempat tumbuhnya berbeda. Kalau arabika khusus tumbuh di dataran tinggi rata-rata 1.000 meter di atas permukaan laut (DPL).

Sedangkan robusta bisa di atas dataran tinggi bisa di dataran rendah.

"Cita rasanya, robusta lebih tinggi cafeinnya dua kali dari arabika. Itu yang paling mendasar," kata Dedi Zaini yang juga Ketua Asosiasi Pelaku Parawisata Indonesia (ASPPI) Aceh.

Kemudian, kata Dedi Zaini, dari harganya, arabika lebih mahal dari pada robusta Tapi secara konsumtif, justru robusta lebih banyak dikonsumsi. Kalau dirinya mengaku lebih menyukai kopi arabika.

"Kalau saya pemain di arabika. Karena sebagai putra dari Aceh, kita punya kebun arabika yang luas di nusantara. Sangat naif kalau tak mempromosinya, ini soal hasil alam kita," ujar Dedi Zaini yang mengelola Nacha Cafee.

Halaman
12
Penulis: Hadi Al Sumaterani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved