Danau Laut Tawar Tercemar

Danau Laut Tawar di Kabupaten Aceh Tengah yang menjadi sumber air lima kabupaten

* Logam Berat Tutup Permukaan

TAKENGON - Danau Laut Tawar di Kabupaten Aceh Tengah yang menjadi sumber air lima kabupaten, termasuk jaringan PLTA Peusangan mulai tercemar logam berat. Sebagian permukaan telah tertutup zat kimia berbahaya, selain hutan di seputaran danau yang mulai berkurang dan sebaliknya, makin padatnya pemukiman penduduk.

Melihat kondisi itu, DPRK Aceh Tengah menggelar pendapat publik membahas kondisi danau yang mulai memunculkan beragam persoalan. Konsultasi publik dilaksanakan di ruang sidang DPRK Aceh Tengah, Sabtu (14/11) yang juga diikuti pejabat dari Kementerian Perikanan dan Kelautan dan Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Tawar Perikanan Darat.

Anggota Komisi B DPRK Aceh Tengah, Ikhawanussufa menjelaskan konsultasi publik ini sebagai tindak lanjut dari Pansus Komisi B tentang pengelolaan jaring apung di kawasan danau sebelumnya. “Dalam pansus itu, kita menginventarisir beberapa persoalan yang terjadi di seputaran danau,” kata Ikhwanussufa.

Menurut dia, beberapa persoalan tersebut, diantaranya telah terjadi sedimentasi (pendangkalan) di beberapa palung danau. Kemudian, zat berbahaya mengandung logam berat yang menutupi sebagian permukaan danau, serta munculnya spesies baru yang mengancam ikan endemik depik. “Kita memanggil semua pemangku kepentingan untuk mencari solusi terhadap kondisi danau,” katanya.

Dia berharap, akan ditemukan solusi tentang pengelolaan Danau Lut Tawar, pelestarian keanekaragaman hayati, serta merevisi Qanun tentang sepadan danau serta pelestariannya. “Dalam konsultasi publik ini, kita keluarkan beberapa rekomendasi agar danau kebanggaan masyarakat Dataran Tinggi Gayo ini bisa tetap terjaga dengan baik,” harapnya.

Rekomendasi itu, di antaranya pengelolaan Danau Lut Tawar diambilalih oleh Prmprov Aceh, karena aliran Sungai Peusangan yang berasal dari danau dimanfaatkan lima kabupaten/kota.

Sebelumnya, Prof Dr Ir Husnah M Phil, peneliti dari Pusat Penelitian Pengelolaan dan Konservasi Sumber Daya Ikan (P4KSI) Kementerian Kelautan dan Perikanan juga memberi arahan tentang solusi danau. Demikian juga dengan Drs Djojo dari Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Tawar Perikanan Darat.

Keduanya menjelaskan tentang pengelolaan sumber daya perikana, pertanian, pariwisata, sumber air dan sumberdaya alam bidang energi. Husnah menyatakan pengelolaan dan menjaga kelestarian Danau Lut Tawar, bukan hanya menjadi tugas pihak perikanan, tetapi antarsektor harus terlibat.

Dia menjelaskan, berbicara tentang danau sangat erat kaitannya dengan pertanian, pariwisata dan sektor lainnya. “Menjaga kelestarian danau, bukan hanya menjadi tanggung jawab satu sektor saja, tetapi harus melibatkan sejumlah pihak,” kata Prof Dr Ir Husnah M Phil, kepada Serambi.

Disebutkan, pihak perikanan tidak bisa mengurus seluruhnya, seperti kondisi aliran sungai yang mulai mengecil serta hutan maupun lingkungan di seputaran danau tidak lagi baik, bukan lagi menjadi ranahnya pihak perikanan. “Jadi semua sektor harus terlibat dalam mengurusi serta mengelola danau ini,” ujar Husnah.  

Masyarakat Dilibatkan
Lebih jauh dijelaskan, dalam mengelola, menjaga serta merawat kelestarian danau juga harus ada partisipasi dari masyarakat. Karena, pengelolaan yang bersifat partisipatif juga akan membantu menjaga kondisi danau tetap baik. “Partisipasi masyarakat sangat penting, karena, percuma bila pemerintah berupaya menjaga kelestarian, bila masyarakatnya tidak dilibatkan,” sebutnya.

Dalam kegiatan publik hearing itu, juga dihadiri Asisten I Pemkab Aceh Tengah Mursyid, Asisten II Amir Hamzah, serta sejumlah kepala SKPK terkait. Sedangkan konsultasi publik sehari itu, juga ikut dihadiri sejumlah anggota DPRK Aceh Tengah.(my)    

kondisi danau
* Zat kimia berbahaya
* Hutan terus berkurang
* Pemukiman makin padat
* Danau terus mengecil
* Spesies baru ikan
* Ikan depik terancam

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved