Meriahkan Sabang Marine Festival, Empat Kapal Asing Sudah Tiba di Sabang

Bahkan, hingga pukul 15.00 WIB tadi sore, sudah empat kapal dari berbagai negara tiba di Teluk Sabang. Jumlah ini akan terus bertambah.

Meriahkan Sabang Marine Festival, Empat Kapal Asing Sudah Tiba di Sabang
SERAMBINEWS.COM/AZHARI
WARGA mengamati kapal asal Thailand yang ditangkap KRI Teuku Umar, Kamis (13/8/2015) dini hari di dekat perairan Sabang. Kapal MV Silver Sea 2 berkekuatan 2285 GT itu kini jangkar di Teluk Sabang dekat Dermaga BPKS. 

Laporan Azhari Syamsuddin | Sabang

SERAMBINESW.COM, SABANG - Sebuah event yang bertajuk "Sabang Marine Festival" segera digelar di Sabang.

Event yang digagas oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) dalam rangka memperkenalkan potensi kelautan dan keindahan Sabang pada dunia itu berlangsung 12-15 Desember mendatang.

Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaini Abdulah mengatakan, pergelaran Festival Marine hanya tinggal dua hari lagi. Sehubungan dengan itu, kapal layar bertiang tinggi (Yacht), sejak, Rabu pagi (9/12) sudah mulai berdatangan satu persatu ke Teluk Sabang.

Bahkan, hingga pukul 15.00 WIB tadi sore, sudah empat kapal dari berbagai negara tiba di Teluk Sabang. Jumlah ini akan terus bertambah.

“Untuk proses cheking/pemeriksaan kapal itu dilakukan oleh empat pihak yakni Karantina, Bea dan Cukai, Imigrasi serta Syahbandar,” katanya.

Sementara ketua panitia Sabang Marine Festival, Fauzi Daud mengatakan, sejauh ini pihak panitia telah mendapatkan konfirmasi bahwa minimal ada sekitar 20 yacht yang akan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh BPKS.

"Kita tunggu kedatangan kapal-kapal lain, minimal 20 peserta sudah konfirmasi dan mereka akan tiba dalam beberapa hari ini sebagaimana yang telah dijadwalkan," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan Sabang Marine Festival yang akan berlangsung tiga hari itu (12-15), akan dirangkai dalam berbagai kegiatan, seperti perlombaan mancing, dayung, permainan rakyat (bakiak, balap karung, tarik tambang dan bawa kelereng.

"Selama datang kegiatan ini diharapkan para peserta dari luar negeri dapat berbaur dengan masyarakat untuk mengikuti lomba-lomba rakyat yang kita laksanakan," harapnya.

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, kegiatan Sabang Marine Festival ini dilaksanakan dalam rangka untuk memperkenalkan potensi kelautan dan keindahan Sabang pada dunia internasional dan juga memperkenalkan dermaga

"Marina Lhok Weng" kepada komunitas pelayar dunia.

"Disamping juga untuk menambah angka kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia, menjadikan Sabang sebagai destinasi tujuan wisata yacht dalam rangka meningkatkan devisa negara serta membuka lapangan kerja pada masyarakat pencari kerja sektor pariwisata," demikian Fauzi Daud. (*)

Penulis: Azhari Syamsuddin
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved