Film Siswa Fajar Harapan Juara II Nasional

Film Malahayati: Laksamana Perempuan Pertama dari Aceh, berhasil meraih juara II nasional pada Lomba

BANDA ACEH - Film Malahayati: Laksamana Perempuan Pertama dari Aceh, berhasil meraih juara II nasional pada Lomba Kreasi Audio Visual Sejarah, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senin (21/12) di Yogyakarta. Film itu karya Siswi SMA Negeri 10 Fajar Harapan (Farhan) Banda Aceh, Thahira Atika Putri dan Nabila Ulamy.

Nurul Hikmah, Guru pembimbing film itu kepada Serambi, Selasa (29/12) mengatakan, mereka berhasil meraih juara II dari enam film yang masuk nominasi enam besar pada lomba tersebut. Sedangkan juara I diraih Film Kampung Baru di Tanah Manutung (Balikpapan) dan juara III, Sungai Oyo Tempo Doeloe (Yogyakarta).

“Alhamdulillah film yang dikerjakan untuk mengingatkan kembali perjuangan Laksanamana Malahayati ini mampu menjadi juara dua nasional, semoga ini mampu menambah wawasan masyarakat tentang perjuangannya di masa lalu, serta memotivasi siswa Fajar Harapan yang lainnya untuk terus berkarya,” ujar Nurul.

Sebelumnya, mereka mengirim proposal judul film ke Kemendikbud, setelah diseleksi mereka masuk 16 besar dan babak final enam besar. Selanjutnya kedua siswi Aceh itu mengikuti pelatihan di Bogor dan melakukan proses produksi di Kawasan Krueng Raya, Aceh Besar.

Film itu bercerita tentang perjuangan Malahayati, yang memimpin pasukannya saat berperang melawan penjajah. Dalam audiovisual mereka menampilkan makam Malahayati dan sejumlah sejarawan Aceh yang menjadi narasumber.(mun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved