Cokelat, Makanan Sahabat Janin

flavanol sudah diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan, yang paling terkenal adalah perannya sebagai zat antioksidan.

Cokelat, Makanan Sahabat Janin
Shutterstock
Kehamilan 

SERAMBINEWS.COM - Kehamilan identik dengan ngidam, alias menginginkan asupan makanan tertentu. Cokelat termasuk urutan atas makanan yang dicari para calon ibu yang sedang ngidam. Kabar baiknya, cokelat ternyata punya manfaat kesehatan bagi janin.

Penyebabnya adalah kandungan flavanol yang tinggi dalam cokelat. Flavanol baik untuk pertumbuhan janin dan plasenta. Flavanol juga bisa mengurangi risiko komplikasi pada kehamilan yang dikenal dengan preeclampsia.

Sebelumnya, flavanol sudah diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan, yang paling terkenal adalah perannya sebagai zat antioksidan.

Tim dari Universite Laval Quebec City yang memprakarsai penelitian ini mengamati 129 ibu hamil dengan usia kehamilan 11 hingga 14 minggu. Mereka dibagi menjadi kelompok yang mengkonsumsi cokelat dengan kandungan flavanol tinggi dan cokelat dengan kandungan flavanol rendah. Selanjutnya mereka harus makan cokelat sebanyak 30 gram setiap hari selama 12 minggu.

Para peneliti terus memantau perkembangan para ibu sampai saatnya mereka melahirkan. Hasilnya, cokelat diyakini mempunyai manfaat baik untuk janin.

“Penelitian ini menunjukkan kalau cokelat memang bagus untuk perkembangan janin dan plasenta. Manfaat cokelat ini sepertinya tak semata karena kandungan flavanolnya saja,” kata Dr. Emmanual Bujold dari Université Laval Québec City.

Sebelumnya, ada penelitian yang mengatakan kalau cokelat meningkatkan risiko preeklampsia. Hasil tersebut masih menjadi perdebatan hingga tim peneliti dari Universite Laval Quebec City menemukan peran penting flavanol pada ibu hamil.

Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help