Ada Asteroid Besar Melintas Dekat Bumi Pada Maret 2016

"Akan sulit untuk memprediksikan dari mana asteroid itu bisa terlihat,"

Ada Asteroid Besar Melintas Dekat Bumi Pada Maret 2016
Discovery News/NASA

SERAMBINEWS.COM, FLORIDAAsteroid besar dikatakan akan melintas dekat Bumi pada Maret 2016 mendatang.

Hal itu dikabarkan oleh badan antariksa AS (NASA), yang mengatakan pihaknya tengah memantau sebuah asteroid besar yang akan melintas Bumi.

Menurut Discovery News, asteroid itu berdiameter sekitar 30 meter, menjadikannya kira-kira sebesar sebuah lapangan basket.

Diberi nama Asteroid 2013 TX68, benda luar angkasa itu akan melintas Bumi dalam jarak yang terbilang cukup dekat, yaitu 17.700 kilometer.

Jarak itu lebih dekat lima persen dari jarak Bumi dengan Bulan, namun dipastikan jarak tersebut tak akan menimbulkan bahaya apapun terhadap Bumi.

Diperkirakan asteroid itu akan mendekat pada 5 Maret 2016 mendatang.

Saking dekatnya, dikatakan Reuters asteroid itu nantinya akan dapat terlihat dari Bumi selama tiga hari, namun belum diketahui dapat dilihat dari mana.

"Akan sulit untuk memprediksikan dari mana asteroid itu bisa terlihat," kata manajer kantor Studi Objek Dekat Bumi NASA, Paul Chodas.

Sebelumnya, asteroid itu pernah melintas dekat Bumi pada 2013.

Menurut Chodas, jika asteroid besar tersebut menembus atmosfer Bumi, bisa jadi ledakan besar akan terjadi, seperti yang terjadi di Rusia pada 2013.

Saat itu, sebuah asteroid menembus atmosfer dan meledak di atas Chelyabinsk, Rusia, menghancurkan banyak bangunan dan mencederai seribu lebih orang. (Discovery News/Reuters)

Editor: faisal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help