Droe Keu Droe

Menyoal Tenaga Kontrak/Honorer di Instansi Pemerintah Aceh

SAYA sangat mengapresiasi langkah Gubernur Aceh yang akan menyetop penerimaan tenaga kontrak/honorer

SAYA sangat mengapresiasi langkah Gubernur Aceh yang akan menyetop penerimaan tenaga kontrak/honorer pada 2016 ini, kecuali untuk hal-hal tertentu yang urgen dan sudah dilaporkan langsung kepada Gubernur (kalaupun ada penerimaan, tenaga ahli yang sangat-sangat dibutukan).

Agar terlaksananya langkah (kebijakan) gubernur tersebut, mulai tahun ini, Surat Keputusan (SK) tenaga kontrak/honorer diterbitkan berdasarkan keputusan Sekda Aceh. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dikeluarkan oleh Kepala SKPA masing-masing.

Namun demikian saya sangat berharap kepada gubernur hendaknya segera menerapkan mekanisme monitoring, pembinaan oleh atasan kepada honorer/kontrak untuk kinerja yang lebih optimal. Tenaga honorer/kontrak yang sudah ada dipertahankan dan dibina sedemikian rupa, sehingga bisa membantu kerja dan program-program gubernur melalui SKPA-SKPA terkait.

Jika dievaluasi untuk dipangkas dan sebaiknya tenaga kontrak/honorer yang telah lanjut usia yang tingkat produktivitasnya sudah menurun dan juga pendidikan rendah, serta tidak masuk kantor berbulan-bulan diminta untuk mengundurkan diri atau kontraknya tidak lagi diperpanjang.

Sedangkan tenaga kontrak yang usia produktif, pendidikan juga sesuai dengan instansi tempatnya bekerja tetap dipertahankan sejauh yang bersangkutan tidak melanggar peraturan dan perundang-rundangan yang berlaku dan juga tidak berbuat curang, tidak terlibat narkoba, tidak terlibat kriminal serta tidak malas masuk kantor.

Intinya jangan ada pergantian yang tenaga kontrak berpendidikan D-III dengan dimasukkan yang berijazah SMA, serta saya sangat berharap kepada gubernur supaya tidak ada pemangkasan tenaga kontrak yang sudah ada, karena itu akan menambahkan pengangguran di Aceh yang berarti gubernur tidak menambah lapangan kerja dan tidak mengurangi pengangguran, tapi malah sebaliknya.

Nama dan alamat penulis
ada pada Redaksi

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved