Serambi Kembali Gelar Operasi Bibir Sumbing

Harian Serambi Indonesia bekerja sama dengan Smile Train, Minggu (14/2) di RS Malahayati Banda Aceh

Serambi Kembali Gelar Operasi Bibir Sumbing
Para pasien menunggu giliran untuk menjalani operasi bibir sumbing gratis di Rumah Sakit Malahayati, Banda Aceh, Minggu, Minggu (31/1/2016). Operasi bibir sumbing gratis dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Harian Serambi Indonesia ke-27 yang bekerja sama dengan Smile Train. SERAMBI/BUDI FATRIA 

BANDA ACEH - Harian Serambi Indonesia bekerja sama dengan Smile Train, Minggu (14/2) di RS Malahayati Banda Aceh kembali melaksanakan operasi bibir sumbing gelombang ke-2.

“Total penderita bibir sumbing yang dioperasi dalam dua tahap sebanyak 29 orang. Kali ini yang dioperasi sebanyak 16 orang, kebanyakan pasien dewasa yang berasal dari Aceh Selatan, Sigli, Pijay, Bener Meriah, Lhokseumawe, dan Banda Aceh,” terang Koordinator Bibir Sumbing Aceh, Rahmad Maulizar.

Sehari sebelum operasi, pasien terlebih dahulu mendaftar ulang dan cek kesehatan. Selanjutnya, calon pasien itu dirawat inap untuk kemudian dioperasi keesokan harinya. Dan setelah operasi pasien juga dirawat di rumah sakit itu.

Sebelumnya Serambi bekerja sama dengan Smile Train juga masih dalam rangka HUT Serambi Indonesia telah menggelar kegiatan serupa pada Minggu (31/1) untuk 13 penderita bibir sumbing dan langit-langit.

“Penderita bibir sumbing di Aceh masih banyak. Untuk menekan angka tersebut, penting bagi ibu hamil pada trimester pertama kehamilan agar tidak stres,” ujar spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik, Dr M Jailani SpBP-RE (K) selaku Ketua Team Operasi Bibir Sumbing dari Smile Train.

Berdasarkan data Smile Train, kawasan dataran tinggi Aceh menyumbang kontribusi terhadap angka bibir sumbing. Meskipun kategori dewasa sudah dibabat pada 4.000 operasi sebelumnya sejak dilancarkan pada 2007 lalu. Sedangkan di lingkup Indonesia sudah 50 ribu operasi digencarkan. Namun selalu ada saja generasi selanjutnya yang mengikuti jejak penderita bibir sumbing sebelumnya.

“Kami mengimbau masyarakat umum yang ingin melakukan operasi bibir sumbing dan langit-langit silahkan mendaftar setiap Hari Jumat atau Sabtu untuk melakukan cek kesehatan dan dilanjutkan operasi pada Hari Minggu. Operasi ini gatis, cukup membawa KTP dan KK langsung ke RS Malahayati, Banda Aceh,” ujar dr M Jailani SpBP-RE (K).(rul)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved