LAPAN Sosialisasi Pemanfaatan Citra Satelit

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mensosialisasikan penyediaan dan pemanfaatan

BANDA ACEH - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mensosialisasikan penyediaan dan pemanfaatan data satelit penginderaan jauh untuk Perencanaan Pembangunan di Aceh, Senin (28/3) di Aula Bappeda Aceh. Kegiatan itu dihadiri Asisten II Setda Aceh, Azhari Hasan dan diikuti 150 peserta mewakili SKPA dan SKPK di Aceh.

Gubernur Aceh melalui Asisten II Setda Aceh, Azhari Hasan mengatakan, sejak menjalin kerja sama dengan LAPAN pada Maret 2015, pemerintah Aceh sangat terbantu dengan layanan data satelit yang disediakan lembaga negara itu. “Data satelit yang diberikan LAPAN sangat bermanfaat untuk pembangunan Aceh ke depan,” ujar Azhari.

Dia menambahkan, pihaknya berharap agar data satelit tersebut dapat digunakan sebaik-baiknya oleh SKPA dan SKPK terkait. Sejumlah manfaat itu kata dia antara lain untuk mengetahui konflik batas antar kabupaten, penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), permasalahan perkebunan, kehutanan, pertambangan, serta perikanan. “Untuk bidang perikanan, Menteri Susi telah menggagas perlunya pemetaan. Sehingga pencitraan satelit mampu mendeteksi tempat berkumpulnya ikan,” jelasnya.

Sedangkan Kepala LAPAN diwakili Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Orbita Roswintiarti mengatakan, kegiatan tersebut merupakan instruksi presiden bahwa pemerintah daerah berhak mendapatkan data dari Badan Informasi Geospasial (BIG). “Sudah menjadi kewajiban LAPAN untuk menyediakan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dengan lisensi pemerintah indonesia, yang dipergunakan untuk pembangunan daerah,” kata dia, seraya menyebut data satelit penginderaan jauh itu diberikan gratis kepada Pemerintah Aceh.

Namun kata Orbita, untuk menganalisa pencitraan satelit itu diperlukan sosialisasi dan pelatihan, sehingga data tersebut bisa bermanfaat untuk pembangunan Aceh ke depan. “Oleh karena itu, sosialisasi ini dibarengi dengan bimbingan teknis (Bimtek) kepada perwakilan instansi pemerintah daerah terkait. Selain itu kami juga membawa prototipe SPBP Aceh yang kami serahkan ke Bappeda Aceh,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua panitia Dr Ir Ema Alemina MP mengatakan, sosialisasi tersebut diikuti perwakilan SKPA dan SKPK terkait seperti Dinas PU, Bappeda se-Aceh dan lembaga lainnya dengan total undangan 150 orang.(fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved