Tim Robur Buat Situs Trans Koetaradja

Tim Robur yang beranggotakan dua orang membuat situs Transkoetaradja.com

BANDA ACEH - Tim Robur yang beranggotakan dua orang membuat situs Transkoetaradja.com. Situs itu berisi segala informasi terkait bus bantuan Pemerintah Pusat tersebut. Adapun anggota tim itu adalah Evan Saputra dari Sekolah Anti Korupsi Aceh (SAKA) dan T Farhan dari Masyarakat Informasi Teknologi (MIT) Aceh.

Penggagas situs Transkoetaradja.com, Evan Saputra, Rabu (13/4) mengatakan, pihaknya membuat inovasi tersebut karena kurangnya sosialisasi pemerintah tentang bus itu. “Ini upaya kami agar masyarakat Aceh gampang mencerna informasi tentang bus tersebut,” ujar Evan seraya menyatakan nama timnya terinspirasi dari nama angkutan umum yang melegenda di Aceh yaitu robur.

Dikambahkan, pihaknya menghadapi sejumlah kendala saat membuat situs itu, terutama saat pengumpulan data. “Nyaris semua data kami peroleh secara manual yaitu dengan menemui pejabat Dishubkomintel. Sebab, tak ada data terkini di portal mereka,” ujarnya seraya menyebutkan data itu sudah disortir juga ditampilkan melalui media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram.

T Farhan menambahkan, persiapan situs tersebut seperti pengorderan domain dilakukan sejak Maret lalu. “Lewat situs ini, masyarakat memperoleh informasi terkait info grafis trans, galeri yang menampilkan bus dan halte, kontak, profil tim robur, dan rute bus,” ujarnya.

Menurut Farhan, pihaknya membuat rute bus dengan menyesuaikan koordinat Global Positioning System (GPS) yang sudah disinkronkan dengan google map. “Kami buat koordinatnya dari halte ke halte. Ke depan, bukan tak mungkin kita bisa melacak keberadaan bus dengan aplikasi android,” kata Farhan. Ditambahkan, pembuatan situs itu dan sosialisasi oleh pihaknya didanai Open Data Labs Jakarta, lembaga pelopor keterbukaan informasi publik.(fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help