Pendidikan Aceh Peringkat 32 Nasional, Puluhan Mahasiswa Demo

"Mana janji pemerintah Zikir yang akan menggratiskan pendidikan SD hingga perguruan tinggi?" teriaknya.

Pendidikan Aceh Peringkat 32 Nasional, Puluhan Mahasiswa Demo
SERAMBINEWS.COM/EDDY FITRIADI

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Puluhan mahasiswa gabungan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsyiah, Poltekkes Aceh, dan STIES Sabang berdemo di Halaman Gedung Dinas Pendidikan Aceh di Jalan Daud Beureueh, Banda Aceh, Senin (2/5/2016) sekira pukul 10.30 WIB.

Demo itu bertepatan pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh hari ini, 2 Mei 2016. Massa merespons bobroknya pendidikan di Aceh, yang mana Aceh menempati peringkat ke-32 dari 34 provinsi di Indonesia.

Para orator secara bergantian mengatakan, ada liberalisasi dan kapitalis dalam dunia pendidikan Aceh. Bahkan koordinator demo, Fachra Muharyanda menyebut Pemerintah Aceh tidak tepati janji.

"Mana janji pemerintah Zikir yang akan menggratiskan pendidikan SD hingga perguruan tinggi?" teriaknya.

Menurutnya, isu pendidikan di Aceh sudah dipolitisasi oleh pemerintahan Zaini-Muzakkir itu.

Selain itu, massa meminta Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Hasanuddin Darjo untuk menemui mereka. Namun hingga demo di Disdik Aceh berakhir pada pukul 10.30 WIB, Hasanuddin tidak muncul.

Adapun 4 tuntutan massa yaitu bebaskan keterpurukan pendidikan Aceh di tengah dana otsus yang melimpah, tuntaskan pemerataan pendidikan, prioritaskan anggaran pendidikan, dan evaluasi kinerja pejabat dinas pendidikan Aceh.

Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Nasrun mengatakan, dirinya akan menyampaikan semua tuntutan mahasiswa kepada Kepala Dinas Pendidikan Aceh.

Menurutnya, Kadisdik Aceh sedang ada agenda di Blangbintang, sehingga belum bisa menemui massa. 

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved