Jalur Alternatif bagi Wilayah Tengah

BUPATI Aceh Tengah, Ir Nasaruddin menilai pembukaan kembali jalan tembus Pondok Baru ke Simpang KKA

BUPATI Aceh Tengah, Ir Nasaruddin menilai pembukaan kembali jalan tembus Pondok Baru ke Simpang KKA, merupakan jalur alternatif bagi masyarakat Gayo untuk mempercepat pemasaran hasil buminya. Di antara hasil pertanian andalan masyarakat di wilayah tengah Aceh adalah kopi, kol, tomat, wortel, kentang, alpukat, jeruk keprok dan lainnya.

Selama ini, hanya ada satu jalur bagi para petani di wilayah tengah untuk memasarkan hasil pertaniannya ke wilayah pesisir timur dan utara, yaitu jalur Takengon - Bireuen. Kini, dengan dengan dibuka kembali ruas jalan Pondok Baru - Simpang KKA, jalur pemasaran hasil pertanian dari Gayo ke pesisir timur dan utara semakin mudah dan cepat.

Sementara akses untuk mencapai wilayah pantai barat juga sudah dibuka, yaitu dari Genting - Gerbang - Ceulala (Aceh Tengah) hingga ke Beutong Ateuh, (Nagan Raya). Dalam waktu dekat juga akan dibuka akses ke wilayah Pidie, melalui Pameu - Geumpang. “Rute jalannya sudah ada, tapi karena banyak jembatan yang belum dibangun, ruas jalan itu belum bisa dilalui,” ujarnya.

Bupati Nasaruddin menyatakan, pembukaan 12 ruas jalan lintas tengah yang dilakukan Pemerintah Zaini Abdullah, menjadi bukti nyata bahwa tidak ada pilih kasih dalam pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemerintahan Aceh yang berkuasa saat ini. Selain itu, Pemerintahan Aceh saat ini juga sangat brilian dalam melihat potensi ekonomi yang mau dikembangkan.

Tidak hanya wilayah pantai dan pesisir yang bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Aceh, tapi wilayah tengah juga tidak kalah. Makanya dibuat program pembukaan 12 jalan tembus lintas tengah yang menghubungan ke wilayah pesisir timur utara dan barat selatan Aceh, agar pembangunan infrastruktur di Aceh bisa dinikmati seluruh masyarakat Aceh yang berjumlah 5 juta jiwa lebih.(*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved