Idul Fitri 1437 H

Ini Tips Mudik Aman untuk Penderita Hipertensi

"Obatnya jangan lupa dibawa. Jangan sampai ketinggalan, jangan sampai kehabisan. Minumlah sesuai jadwal," ujar dokter yang akrab disapa Nako ini.

Ini Tips Mudik Aman untuk Penderita Hipertensi
shutterstock
ILUSTRASI 

SERAMBINEWS.COM - Pulang ke kampung halaman atau Mudik merupakan salah satu tradisi jelang Hari Raya Idul Fitri yang sangat dinanti.

Selama mudik, jangan lupa tetap menjaga kesehatan. Apalagi, jika menempuh perjalanan darat yang jauh dan macet. Bagi orang yang memiliki masalah kesehatan seperti hipertensi, ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan selama mudik.

Pasien hipertensi harus patuh minum obat selama mudik

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Rossana Barack mengatakan, biasanya pasien hipertensi sudah dibekali obat untuk perjalanan jauh ke kampung halaman.

"Obatnya jangan lupa dibawa. Jangan sampai ketinggalan, jangan sampai kehabisan. Minumlah sesuai jadwal," ujar dokter yang akrab disapa Nako ini.

Istirahatlah yang cukup

Nako mengatakan, saat ingin Mudik pasti sudah tahu risiko yang akan dihadapi. Salah satunya adalah macet. Menurut Nako, jika sudah merasa lelah, segera istirahat.

Hal ini juga untuk menghindari stres di jalan. Sebab, stres bisa memicu naiknya tekanan darah.

Kendalikan asupan makanan

Dokter yang praktik di Rumah Sakit MMC ini mengatakan, hindari makan berlebihan baik selama Mudik maupun saat lebaran.

Biasanya, hidangan lebaran begitu banyak dan muncul rasa ingin mencoba semua makanan yang tersaji di meja makan.

Menurut Nako, ketiga tips Mudik yang aman bagi pasien hipertensi tersebut sangat sederhana dan mudah diterapkan. Intinya, tekanan darah harus terkontrol selama mudik.

Jangan sampai terjadi tekanan darah tinggi yang memicu timbulnya penyakit lain, seperti stroke. [Dian Maharani/Kompas.com]

Editor: ariframdan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help