SerambiIndonesia/

Jangan Mengunggah Foto Boarding Pass di Media Sosial, Ini Alasannya

"Di boarding pass, ada barcode dua dimensi dan kode QR yang dapat menyimpan banyak informasi."

Jangan Mengunggah Foto Boarding Pass di Media Sosial, Ini Alasannya
TRIBUNNEWS.COM

SERAMBINEWS.COM - Seiring tren traveling dan penggunaan media sosial makin marak, kita semakin sering melihat foto sebuah boarding pass diunggah ke media sosial.

Apakah Anda juga pernah memotret boarding pass dan mengunggahnya di Instagram, Facebook, atau Twitter?

Padahal, boarding pass alias “tiket” untuk masuk ke pesawat adalah dokumen penting yang sebaiknya tidak Anda unggah untuk alasan keamanan.

Security expert mengungkap kepada Business Insider UK, tentang apa bahaya memotret boarding pas dan mengunggahnya ke internet.

"Di boarding pass, ada barcode dua dimensi dan kode QR yang dapat menyimpan banyak informasi. Kode itu dicetak pada boarding pass dan memungkinkan seseorang untuk menemukan lebih banyak data tentang Anda. Termasuk rencana perjalanan yang akan Anda lakukan serta perjalanan Anda sebelumnya.”

Hal ini tentu akan bahaya bila ada seseorang yang selama ini diam-diam memanfaatkan media sosial untuk mengakses data-data penting tentang Anda atau kehidupan Anda.

Seseorang yang mencari tahu informasi tentang Anda itu bisa mendapatkan informasi mengenai nomor telepon, catatan perjalanan lengkap dengan tanggal, hingga informasi penting lain tentang yang berhubungan dengan pemesanan tiket Anda.

Hal ini tentu tak bisa dianggap sepele. Meski Anda tak merasa memiliki “penguntit” ataupun musuh, bisa saja data itu digunakan oleh orang tak bertanggung jawab, bukan?

Ingat, internet adalah area yang sangat luas dengan teknik “hacking” yang semakin canggih seiring berjalannya waktu. Di era ini, melindungi privasi dan data diri adalah hal yang harus selalu Anda perhatikan.

Editor: ariframdan
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help