Gubernur Sempat Dihadang Ombak

Rombongan Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, sempat dihadang ombak besar saat

* Pembukaan Festival Budaya Pulau Banyak Molor

PULAU BANYAK - Rombongan Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, sempat dihadang ombak besar saat menuju ke Pulau Banyak, Aceh Singkil, Minggu (24/7). Akibatnya pembukaan Festival Budaya Pulau Banyak yang digelar di tengah kepulauan itu molor dari rencana sekitar pukul 14.00 WIB baru dimulai sekitar pukul 17.00 WIB.

Besarnya ombak dalam perjalanan diceritakan sendiri Gubernur yang juga biasa disapa Abu Doto. Ia mengaku sempat merasa sakit perut karena terhempas ombak besar. “Saya di perjalanan sempat sakit perut sedikit karena terhempas ombak. Namun langsung hilang begitu mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Pulau Banyak,” katanya.

Abu Doto berjanji akan memberikan perhatian khusus dalam meningkatkan sarana transportasi serta pembangunan pariwisata di wilayah kepulauan tersebut. “Saya berjanji supaya transportasi ke Pulau Banyak ke depan bisa berjalan lancar,” janjinya.

Aceh Singkil, kata gubernur termasuk salah satu daerah yang punya potensi untuk pengembangan pariwisata dan pelestarian kebudayaan. Terbukti masyarakat Aceh Singkil masih banyak yang mempertahankan sejumlah tradisi lokal. “Semua budaya itu harus kita lestarikan agar tidak lekang ditelan arus globalisasi,” ujarnya.

Salah satu upaya untuk melestarikan kebudayaan adalah melalui pagelaran budaya yang diselenggarakan secara berkelanjutan. Itu sebabnya, kata gubernur, dirinya selalu menekankan kepada seluruh Pemkab/Pemko di Aceh menfasilitasi kegiatan kebudayaan guna memberi ruang kepada pegiat seni dan anak-anak muda untuk menunjukkan kepeduliannya di bidang seni tradisional.

Sementara itu seusai pembukaan Festival Budaya, Abu Doto yang ditanya Serambi terkait kunjungan kerja anggota DPRA ke luar negeri enggan berkomentar. “Saya tidak bisa berkomentar itu,” katanya. Ketika didesak Zaini yang berencana kembali maju dalam Pilkada Gubernur Aceh tetap mengelak. “Kita harapkan apa yang terbaik kita lihat saja,” ujarnya.

Sebelumnya Bupati Aceh Singkil Safriadi menyatakan, Festival Budaya dapat menjadi daya tarik bagi pertumbuhan pariwisata di Aceh Singkil. Bupati juga meminta dukungan gubernur dalam meningkatkan sarana dan prasarana pariwisata di Pulau Banyak.

Sementara itu, pada saat bersamaan gubernur menyerahkan bantuan kepada masyarakat Pulau Banyak. Bantuan berasal dari Dinas Kesehatan Aceh, Disbudpar Aceh dan Dinas Sosial Aceh. Festival Budaya diselenggarakan DPD II KNPI Aceh Singkil bekerja sama dengan Disbudpar Aceh dan Pemkab setempat. (de)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved