Tim Penggerak PKK Se-Aceh Ikuti Rakerda

Sebanyak 203 pengurus Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) 23 kabupaten

Tim Penggerak PKK Se-Aceh Ikuti Rakerda
Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Ny Niazah AH Zaini didampingi Wakilnya, Ny Marlina Usman (kanan) memberi keterangan pers seusai Rakerda PKK Se-Aceh di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Senin (1/8) 

BANDA ACEH - Sebanyak 203 pengurus Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) 23 kabupaten/kota di Aceh serta dari Tim Penggerak PKK Aceh mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PKK se-Aceh 2016 di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Senin (1/8). Kegiatan sehari ini dibuka Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah.

Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Ny Niazah AH Zaini, dalam laporannya di awal acara ini mengatakan rakerda ini adalah agenda rutin mereka laksanakan lima tahun sekali guna mengevaluasi dan menyempurnakan pelaksanaan kelembagaan, pelaksanaan sepuluh program pokok PKK, dan administrasi PKK yang disesuaikan dengan perkembangan program pemerintah dan kebutuhan masyarakat.

“Selain itu, rakerda ini juga bertujuan menginformasikan kebijakan yang ditetapkan dalam hasil Rakernas VIII PKK tahun 2015 agar selaras dalam pelaksanaannya di seluruh daerah,” kata Niazah yang juga istri Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.

Niazah menyebutkan tujuh program prioritas yang sudah digagas hasil rakernas dan disempurnakan dalam rapat konsultasi tahun 2016 sebagai program PKK Nasional antara lain pendidikan dan ketrampilan, pemberdayaan ekonomi keluarga melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), dan posyandu terintegrasi dengan tambahan layanan BKB, BKR, BKL, dokter spesialis, dan dokter gigi.

“Adapun untuk di daerah, selain program-program yang menjadi prioritas tersebut, juga dapat ditambah dengan berbagai program lain yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. Selama ini, Tim Penggerak PKK Aceh telah melaksanakan kegiatan yang mencakup dalam sepuluh program pokok PKK,” kata Niazah.

Niazah juga menyebutkan 13 program yang telah mereka lakukan, antara lain bedah rumah, Posyandu Terintegrasi, bakti sosial, dan Program Percontohan Binaan PKK. Seusai Niazah memberi sambutan, Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah juga menyampaikan sambutannya saat membuka acara ini.

Gubernur antara lain meminta peserta serius mengikuti acara untuk merumuskan suatu program atau menyingkronkan dengan program Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) terkait untuk direalisasikan kepada rakyat Aceh. Turut hadir saat pembukaan rakerda ini sejumlah Kepala SKPA. Seusai pembukaan, peserta mengikuti rakerda ini dengan nara sumber dari SKPA terkait, yaitu BPM, Dinas Syariat Islam, Bapedal, serta Dinas Koperasi dan UKM. (rel/sal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved