SerambiIndonesia/

Pemko Subulussalam Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Bukit Jongkong

Pengibaran bendera raksasa tahun kedua ini dilaksanakan melalui upacara sederhana yang diikuti anggota DPRK

Pemko Subulussalam Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Bukit Jongkong
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN
Bendera Raksasa Kota Subulussalam berkibar di Bukit Jongkong, Sultan Daulat Jumat (5/8/2016) 

Laporan Khalidin I Subulussalam

SERAMBINEWS.COM, SUBULUSSALAM - Pemerintah Kota Subulussalam bersama Kodim 0109 Aceh Singkil mengibarkan bendera terlebar atau 'raksasa' di bukit Jongkong, Desa Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat, Jumat (5/8/2016) tadi.

Pengibaran bendera di atas bukit yang dipimpin langsung Dandim 0109 Aceh Singkil Letkol Kav Kapti Hertantyaman SH dalam rangka memperingat HUT ke 71 Kemerdekaan Republik Indonesia di kota Sada Kata itu.

Pantauan serambinews.com di lapangan, proses pengibaran bendera berukuran 2X5 meter ini dimulai pukul 09.30 WIB dengan diawali upacara yang digelar di badan Jalan Nasional Aceh Medan tepatnya lereng bukit Jongkong, Desa Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat tepatnya sekitar perkebunan PT Laot Bangko.

Pengibaran bendera raksasa tahun kedua ini dilaksanakan melalui upacara sederhana yang diikuti anggota DPRK Sultan Daulat Rasumin, Asisten Setdao Subulussalam Taufit Hidayat, beberapa kepala SKPK sejumlah Organisasi Masyarakat. para camat dan kepala desa, kepala sekolah dan pemuda. Tampak pula di sana Ketua Partai Aceh (PA) H.Sudirman Munthe.

Saat upacara berlangsung, jalur Meulaboh-Tapaktuan-Subulussalam dan Medan atau sebaliknya ditutup sehingga menyebabkan kondisi kedua arah lalu lintas di sana lumpuh total. Puluhan kendaraan berbagai jenis dari kedua arah terjebak dan baru bisa melintas saat upacara selesai.

Kepala Kesbangpol Linmas Kota Subulussalam, Baginda Nasution, SH selaku koordinator kegiatan kepada serambinews.com mengatakan pelaksanaan pengibaran bendera terbesar di wilayah perbatasan dalam upaya membangun semangat jiwa nasionalisme dan patriotisme masyarakat. Lantaran itu, posisi bendera dikibarkan pada atas bukit tertinggi di sana dengan lokasi yang mudah dilihat oleh warga maupun pelintas.

Dalam kesempatan itu turut diserahkan lima lembar bendera kepada para camat se Kota Subulussalam sebagai tanda pengibaran bendera serentak ke seluruh wilayah di sana.

Baginda yang didampingi Danramil Sultan Daulat Kapten M.Musa dan Danramil Simpang Kiri Kapten Syamsul Bahri mengatakan pengibaran bendera di Sultan Daulat ini juga sebagai simbol kalau kecamatan tersebut memiliki sederet catatan sejarah terkait perjuangan rakyat di sana merebut kemerdekaan.

Beberapa bukti terdapat tak jauh dari lokasi pengibaran bendera berupa benteng Raja Sultan Daulat saat zaman perang dengan Belanda. (**)

Penulis: Khalidin
Editor: faisal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help