KUPI BEUNGOH

Rumus Kerusuhan

terkadang harga diri salah dipersepsikan oleh individu tertentu. Mereka menganggap ketika menghargai mayoritas akan rendah harga dirinya.

Rumus Kerusuhan
Adnan Yahya 

SETIAP kerusuhan yang terjadi dalam masyarakat sering dikaitkan dengan isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Isu agama merupakan isu yang paling sering dikaitkan dengan setiap kerusuhan, konflik, dan kekerasan dalam masyarakat.

Pemanfaatan isu agama dalam setiap kerusuhan bukan tanpa alasan, karena isu agama akan lebih gampang menyulut emosi pemeluknya. Sebab itu, isu agama selalu dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk mengadu umat beragama.

Kasus pembakaran Masjid di Tolikara-Papua, pembakaran Gereja di Singkil-Aceh, dan baru-baru ini pembakaran Vihara dan Kelenteng di Tanjung Balai-Sumatera Utara.

Merupakan tiga kasus yang santer dikaitkan dengan isu agama. Dalam setiap kasus, hipotesa yang dimunculkan adalah umat Islam tidak toleran dan non-muslim selalu tertindas.

Hipotesa ‘keliru’ tersebut terkadang selalu saja diamini oleh masyarakat. Akibatnya setiap kasus kerusuhan terjadi, harmonisasi umat beragama kembali renggang.

Sehingga acara seremonial menjaga persatuan dan kesatuan antarumat beragama selalu digelar pasca kerusuhan. Seakan-akan acara seremonial untuk menjaga harmonisasi umat beragama hanya diagendakan ketika kerusuhan terjadi.

Sebab itu, menyelesaikan setiap kerusuhan atas nama agama dalam masyarakat tidak bisa dilakukan dengan pendekatan kasus demi kasus, tanpa mencari tahu akar permasalahan.

Mengidentifikasi akar dalam setiap kerusuhan merupakan cara agar kerusuhan dapat ditangani secara integral, komprehensif, dan holistik.

Jika tidak, sama seperti seseorang yang menyapu halaman dengan sampah dedaunan pohon mangga. Setiap hari orang tersebut terus menyapu sampah yang sama, karena di depan rumahnya ada pohon mangga besar yang setiap hari daunnya berguguran.

Halaman
1234
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved