Droe Keu Droe

Wacana ‘Full Day School’

SAYA berpendapat bahwa wacana yang dilontarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

SAYA berpendapat bahwa wacana yang dilontarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhajir Efendi, untuk menambah jam sekolah sampai sore hari (full day school) adalah satu terobosan yang baik. Di sekolah-sekolah di perkotaan di Aceh, ini sudah berjalan. Namun untuk berlaku di seluruh Aceh perlu diperhitungkan beberapa dampak negatifnya, karena belajar sampai sore akan membuat siswa lelah dan stres.

Terutama, jika sekolah tidak didukung oleh fasilitas yang baik dan memadai. Misalnya, sekarang ini masih ada sekolah di Aceh yang belum memiliki mushalla sekolah, ruang pustaka, lab, dan ruang kesenian. Jadi sekarang sekolah belum berfungsi maksimal sebagai tempat edukatif dan rekreatif.

Terakhir yang perlu di pertimbangkan pemerintah dengan menyediakan anggaran untuk menu makan siang gratis untuk siswa dan guru. Wacana full day school penting sekarang ini guna mengantisipasi pengaruh-pengaruh negatif bagi siswa di luar jam sekolah, seperti narkoba dan lain-lain. Terima kasih.

Saifullah, S.Pd
Wakil Ketua Kobar GB Aceh Besar. Email: saiful_x71@yahoo.com

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved