Aktivis Perempuan Dukung Pergub Pemberian ASI Eksklusif

Dalam Pergub yang ditandatangani pada tanggal 12 Agustus 2016 tersebut juga mengatur tentang cuti hamil selama 20 hari

Aktivis Perempuan Dukung Pergub Pemberian ASI Eksklusif
SERAMBINEWS.COM/ MASRIZAL

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Beberapa aktivis perempuan yang tergabung dalam 'Solidaritas Perempuan Peduli Ibu dan Anak' berunjuk rasa di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin, (22/8/2016). Mereka mendukung penerbitan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 49 Tahun 2016 Tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif.

Dalam Pergub yang ditandatangani pada tanggal 12 Agustus 2016 tersebut juga mengatur tentang cuti hamil selama 20 hari dan cuti melahirkan selama enam bulan bagi Aparatur Sipil Negara, yaitu Pegawai Negeri Sipil, tenaga kontrak dan lainnya, yang berkeja di jajaran Pemerintah Aceh.

"Kebijakan terhadap upaya perlindungan perempuan dan anak sebagaimana dituangkan dalam Pergub Nomor 49 Tahun 2016 Tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif merupakan salah satu kebijakan populis dan cukup menyentuh kepentingan perempuan dan anak," kata Koordinator Aksi, Yulindawati.

Sementara anggota DPRK Banda Aceh, Syarifah Munira yang ikut dalam aksi menyampaikan, tugas perempuan saat melahirkan dua kali lebih berat dari tugas laki-laki. Menurutnya, perempuan yang melahirkan bukan saja anaknya sendiri tapi juga anak bangsa ini.

"Kalau kami tidak beri ASI ekslusif selama enam bulan, bagaimana kondisi anak bangsa ini. Memberi ASI bukan hanya bermanfaat kepada si ibu saja tapi juga akan bermanfaat juga bagi bangsa. Dengan memberi ASI enam bulan, anak ini akan sehat dan akan melahirkan anak-anak bangsa yang berkualitas," ujar dia.(*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved