Droe Keu Droe

Bijaksanalah dalam Memungut Pajak

KAMI adalah seorang pelaku usaha di Aceh. Saat usaha baru kami buka, promosi

KAMI adalah seorang pelaku usaha di Aceh. Saat usaha baru kami buka, promosi baru dilakukan, pekerja baru direkrut dan belum memperoleh upah, bahkan pemasukan belum diperoleh, kami sudah didatangi para aparat pemerintah memungut pajak. Hal ini terjadi misalnya untuk pajak reklame yang kami pasang di bangunan tempat usaha yang baru kami buka, seperti di kota Lhokseumawe, Bireuen, dan kota Banda Aceh.

Papan reklame dengan materi berisi promosi usaha baru tersebut berpotensi menarik masyarakat Aceh yang masih berstatus pengangguran untuk melamar pekerjaan dan kebanyakan kami terima karena memang sedang kami butuhkan. Bukankah hal itu telah membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran, membuka lapangan kerja dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat?

Alih-alih mendapat apresiasi dan dukungan, kami malah dijadikan objek pajak baru yang segera ditagih tanpa kebijakan kesempatan untuk lebih dulu mengembangkan usaha. Inikah yang disebut mendukung pelaku usaha? Inikah yang dinamakan kemerdekaan dan makna perdamaian?

Yang terakhir terjadi adalah pada usaha yang baru kami rintis, yaitu Elhanief Konveksi, di kawasan Lamgugob, depan SPBU Lamnyong, Banda Aceh. Belum sebulan usaha tersebut diresmikan oleh bapak Pangdam IM, Mayjen TNI Rudi Polandi, bersama Anggota DPRA Darwati A Gani, namun sudah didatangi petugas dari Pemko Banda Aceh untuk menagih pajak reklame yang kami pasang di kantor tersebut.

Kami tidak akan mengajukan keberatan membayar pajak, karena sebelumnya kami juga selalu menunaikan kewajiban tersebut. Kami sangat memahami adanya aturan dan regulasi tentang kewajiban membayar pajak bagi setiap warga negara. Namun kami sangat berharap, hendaknya pemerintah juga lebih bijaksana dalam menjalankan aturan, dan memberi peluang bagi semua pelaku usaha yang baru merintis, untuk mengembangkan usahanya.

H. Akmal Hanif, Lc.
CEO Elhanief Group Ketua KPMI Korwil Aceh. Email: akmal.elhanief@gmail.com

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved