Kekurangan Vitamin B12 Pada Tubuh Bisa Memicu Depresi

"Kadar vitamin B12 yang rendah di dalam tubuh bisa memerburuk gejala depresi.

Kekurangan Vitamin B12 Pada Tubuh Bisa Memicu Depresi
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Kekurangan vitamin B12 pada tubuh, bisa menyebabkan Anda mengalami serangkaian gangguan kesehatan, mulai dari konstipasi hingga kehilangan selera makan dan kesulitan berkonsentrasi.

Sebuah jurnal medis bahkan mengatakan, bahwa kekurangan vitamian B12 bisa menyebabkan gangguan psikiatrik Mary Todd Lincoln's, yaitu gangguan fisik termasuk perlukaan oral dan delusi. Lalu, apakah kekurangan vitamin B12 juga berkontribusi terhadap kondisi depresi? Dengan cara tertentu, ya!

"Kadar vitamin B12 yang rendah di dalam tubuh bisa memerburuk gejala depresi. Ini karena Anda membutuhkan vitamin ini untuk memroduksi hormon yang meregulasi mood yaitu hormon serotonin," kata Joseph Feuerstein, MD, profesor medis klinis Columbia University dan direktur pengobatan integratif Stamford Hospital, Connecticut.

Kekurangan vitamin B12 juga menyebabkan psikosis dan kehilangan memori yang bisa berujung pada dementia atau kepikunan.

Rata-rata orang dewasa perlu mengonsumsi 2.4 mikrogram B12 setiap hari. Anda bisa menemukannya di berbagai produk makanan hewani seperti daging, telur, susu dan keju.

Ada beberapa orang mengonsumsi B12 dalam bentuk suplemen. Ini tak akan berguna banyak jika Anda memiliki masalah penyerapan seperti IBS atau inflammatory bowel (penyakit radang usus) atau anemia pernisiosa.

Dalam hal ini, dokter dapat memberikan suntikan intramuskular sebulan sekali untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan.(Prevention.com)

Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved