Siswa Ikut Meriahkan Festival Permainan Tradisional

Ribuan pelajar tingkat SD/MI se-Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, Sabtu (27/8) mengikuti Festival

BANDA ACEH - Ribuan pelajar tingkat SD/MI se-Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, Sabtu (27/8) mengikuti Festival Permainan Tradisional di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh. Ajang bertema “Jak Meurunoe Budaya Geutanyo” ini digelar oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh bersama Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud RI.

Sejumlah permainan tradisional yang diperlombakan, yaitu permainan Enggrang, Terompah Panjang, Engklek, Hadang, dan Tarik Tambang. Selain permainan tradisional, pada Minggu (28/8) juga digelar Workshop Penguatan Ketahanan Budaya bagi pelajar SLTP/sederajat di kantor BPNB Aceh, Gampong Mulia.

Peserta lomba itu merupakan kumpulan beberapa sekolah yang digabung dalam satu gugus, Juara umum festival itu berhasil diraih oleh Gugus Meulue. Sedangkan juara Hadang putra yaitu Gugus Meulue dan putri, Gugus Melati. Untuk Tarek taloe putra diraih oleh Gugus Keupula dan putri oleh Gugus Mawoe.

Selanjutnya, Juara Geunteut putra diraih oleh Gugus Keupula dan putri oleh Gugus Pisang, sementara beregu putra oleh Gugus Meulue. Pada Permainan Terompah panjang putra dimenangkan oleh Gugus Jeumpa dan putri, Gugus Meulati. Terakhir juara Engklek Putra yaitu Gugus Mangga dan putri, Gugus Lamreung.

Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal saat membuka acara menyampaikan, meskipun menyita tenaga, waktu, keterbatasan lapangan, dan harus memobilisasi banyak orang, namun permainan tradisional mengandung berbagai simbol dan makna kearifan, di antaranya kebersamaan, kegotongroyongan, kreativitas, kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, dan sikap saling menghargai.

Kepala BPNB Aceh, Irini Dewi Wanti mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pihaknya dalam membangun karakter bangsa yang berkualitas, sportif, dan mencintai budaya sendiri. “Jumlah peserta yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini sekira 1.200 orang dengan total hadiahnya Rp 48 juta,” tandasnya.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved