Jangan Lupa Mengamati Gerhana Matahari Cincin 1 September

Gerhana matahari itu adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari ke Bumi oleh Bulan

Jangan Lupa Mengamati Gerhana Matahari Cincin 1 September
Dok BMKG
Gerhana Matahari Cincin 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA -- Pada Kamis (1/9) besok, jangan lupa ya bakal ada Gerhana Matahari Cincin (GMC). Di Indonesia, gerhana ini akan teramati sebagai Gerhana Matahari Sebagian. Kamu bisa mengamatinya dari beberapa wilayah di Indonesia.

Gerhana matahari itu adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari ke Bumi oleh Bulan. Gerhana ini biasanya terjadi pada fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.

Nah, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), jalur cincin gerhana ini bisa diamati di Samudera Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar, dan Samudera Hindia. Sedangkan di luar cincin bisa diamati di sebagian kecil Amerika Selatan, Samudera Atlantik, Afrika kecuali sedikit Afrika bagian Utara, Semenanjung Arabia bagian Barat Daya, Samudera Hindia, dan Indonesia serta Australia.

Di Indonesia sendiri, gerhana matahari sebagian ini bisa diamati di 124 kota dan kabupaten di 10 provinsi, yaitu yang ada di wilayah Sumatera Barat bagian Selatan, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian Tenggara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian Barat.

Gerhana akan teramati pada saat matahari akan terbenam. (CNN Indonesia)

Editor: faisal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved