SerambiIndonesia/

Begini Cara Membaca Barcode di Koran Serambi

Ia menuturkan setelah aplikasi barcodenya didownload dan diinstal, lalu untuk membaca barcode yang terdapat di koran.

Begini Cara Membaca Barcode di Koran Serambi
SERAMBINEWS/HARI MAHARDHIKA
Nadila Annisa Pratiwi 

SELAMA setahun terakhir ini, koran Harian Serambi Indonesia dalam menyajikan beritanya kepada para pembaca, senantiasa juga didukung dengan teknologi QR code (barcode) yang diletakkan berdampingan dengan berita terkait.

Melalui barcode yang berwarna hitam putih seperti yang sering ditemukan pada kode BlackBerry Messeger (BBM) ini, para pembaca dapat melihat video dari berita tersebut dengan langsung terhubung ke www.serambitv.com.

Lalu bagaimana cara membaca barcode itu di koran? Maka, alumnus S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Nadila Annisa Pratiwi kepada Serambi Techno, Sabtu (10/9) menjelaskan, terkait cara membaca barcode tersebut, yaitu bagi pengguna iOS dapat mendownload secara gratis aplikasi barcode di app store, sedangkan pengguna android juga dapat mendownload di play store secara gratis.

“Ada beberapa aplikasi barcodenya, antaranya QR scanner dan QR code read,” kata dara kelahiran Banda Aceh, 3 September 1993 ini.

Ia menuturkan setelah aplikasi barcodenya didownload dan diinstal, lalu untuk membaca barcode yang terdapat di koran.

Maka aplikasi tersebut dibuka, lalu muncul layar kamera, kemudian arahkan kamera ke posisi yang ada gambar barcodenya. Sebab itu adalah link untuk membuka video dari berita yang ditampilkan di koran.

Juara I Indonesian Super Model Casual Aceh 2014 ini menjelaskan, untuk dapat memanfaatkan teknologi QR code, ponsel wajib memiliki akses internet. Isi dari situs jaringan tersebut dapat berupa berita lebih lengkap, grafis, foto-foto tambahan bahkan videonya.

Lebih dari itu, kita juga dapat menyampaikan respons berupa masukan atau opini ke reporter atau editornya,” jelas anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Zulfan Diah dan Rosmarini.

Pemakaian QR code juga dapat untuk memberikan konten multimedia sebuah iklan. Pengiklan dapat memanfaatkannya untuk memperluas product knowledge pelanggan yaitu dengan penjelasan tekstual atau penayangan video interaktif. Melalui QR code, pengiklan bisa mendapat respons pembaca lewat polling.

“Cara mengunakan aplikasi barcode ini sangat mudah. Buka aplikasi, arahkan ke gambar barcode yang ada di koran Serambi Indonesia, dan otomatis akan diarahkan ke link video www.serambitv.com sesuai berita terkait,” tutup dara yang memiliki tinggi 167 centimeter ini. (mawaddatul husna)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help