Dinsos Aceh Timur Serahkan Bayi Temuan ke Pengasuh

“Bayi itu diasuh oleh pasangan suami istri dari Kecamatan Idi Rayeuk,”

Dinsos Aceh Timur Serahkan Bayi Temuan ke Pengasuh
SERAMBINEWS.COM/SENI HENDRI

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINBEWS.COM, IDI - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk, Aceh Timur, telah menyerahkan bayi laki-laki yang ditemukan di teras mesjid Baitul Manan, Kecamatan Idi Rayeuk, Sabtu (10/9/2016) pukul 22.30 WIB lalu, kepada pengasuh atau calon orang tua (Cota) warga Kecamatan Idi Rayeuk, Kamis (15/9/2016).

Sebelumnya, bayi laki-laki berumur 10-15 hari, dengan berat badan 3,5 kg ditemukan warga di areal masjid Baitul Manan, Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur dengan kondisi sehat dan sempurna. Kemudian, bayi itu diamankan petugas ke Mapolsek Idi Rayeuk, dan selanjutnya diserahkan ke pihak RSUD dr Zubir Mahmud untuk dirawat.

Setelah 5 hari dirawat di RSUD dr Zubir Mahmud, bayi laki-laki itu diberi nama M Abrar. Tepat pada Kamis (15/9/2016) pihak RSUD dr Zubir Mahmud, menyerahkan bayi tersebut ke Dinsosnakermobduk Atim yang diterima oleh Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Bahtiar.

Bahtiar menyebutkan, sebelumnya, ada lima calon orang tua yang mengajukan permohonan untuk mengasuh bayi tersebut. Kemudian tim Dinsos berembuk dan memutuskan satu calon orang tua  yang memenuhi syarat untuk mengadopsi bayi itu.

“Bayi itu diasuh oleh pasangan suami istri dari Kecamatan Idi Rayeuk,” jelas Bahtiar didampingi stafnya Wadi Fatimah.

Pengasuhan sementara ini, jelas Bahtiar, selama 6 bulan akan terus dipantau dan dievaluasi oleh tim Dinsos. Setelah itu, baru bisa diteruskan ke tahapan sidang Pertimbangan Izin Pengasuhan Anak (PIPA) di Dinsos Provinsi Aceh.

“Sidang PIPA ini untuk diberikan surat keputusan (SK) tentang adopsi anak. Setelah itu, disidang di Mahkamah Syariah untuk memutuskan dan mengesahkan tentang status hukum yang jelas terhadap anak tersebut,” ungkap Bahtiar.

Penulis: Seni Hendri
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved