BPBD Banda Aceh Gelar Sosialisasi Destana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh, Jumat (7/10) mensosialisasikan Desa Tangguh Bencana (Destana)

BPBD Banda Aceh Gelar Sosialisasi Destana
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN

BANDA ACEH - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh, Jumat (7/10) mensosialisasikan Desa Tangguh Bencana (Destana) Tingkat Gampong Tahun 2016 di Gampong Jawa, Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh. Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Banda Aceh, Drs Ridwan.

Menurut Ridwan, kegiatan sosialisasi itu adalah mengembangkan sejumlah desa tangguh bencana untuk mengantisipasi besarnya potensi bencana, sehingga dapat meminimalisir terhadap dampak bencana.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Banda Aceh, Sabri SSos, yang juga selaku panitia pelaksana menyebutkan, dalam kegiatan itu disosialisasikan antara lain, tentang potensi tsunami, pembuatan peta rawan bencana, jalur evakuasi, hingga kemampuan dasar mitigasi kebencanaan.

Sedangkan Keuchik Gampong Jawa Ridwan AR mengungkapkan rasa terima kasih kepada para pihak penyelenggara kegiatan itu. Apalagi dalam kegiatan itu sekaligus menabalkan profil Gampong Jawa sebagai program Desa Tangguh Bencana Tahun 2016 ini.

Tim fasilitator Destana 2016, Bukhari memaparkan bahwa tujuan kegiatan itu adalah membentuk masyarakat jadi mandiri dalam menghadapi ancaman bencana jika nanti benar-benar terjadi.

Harapan yang ingin dicapai adalah desa tangguh bencana, berbasis pada kegiatan masyarakat pesisir, sehingga tanggap pada setiap potensi kebencanaan.(rel/mis)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help