Droe Keu Droe

Hewan Ternak Mengganggu Pengguna Jalan Raya

PERMASALAHAN hewan ternak, terutama sapi/lembu, kerbau dan kambing yang berkeliaran

Hewan Ternak Mengganggu Pengguna Jalan Raya
tribratanewsaceh
ternak-berkeliaran 

PERMASALAHAN hewan ternak, terutama sapi/lembu, kerbau dan kambing yang berkeliaran di jalan raya, di sejumlah daerah di Aceh masih saja terjadi. Kondisi ini tentunya bukan saja sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas, tapi juga sangat berbahaya bagi para pengguna jalan dan pengemudi kendaraan bermotor.

Berdasarkan pengalaman pribadi ketika mudik pada saat Hari Raya Idul Adha kemarin, dari Banda Aceh menuju Meureudu (Pidie Jaya, sepanjang jalan saya dapati pemandangan hewan ternak melintasi jalan. Hal ini sangat menganggu lalu lintas penggunaan jalan yang kita lalui. Selain mengangu lalu lintas bukan tidak tertutup kemungkinan risiko kecelakaan sangat besar terjadi.

Oleh karena itu, kepada Bapak Bupati Aceh Besar, Pidie dan Bupati Pidie Jaya ataupun pemerintah daerah lainnya yang ada di Aceh, jika dalam wilayahnya masih ada permasalahan seperti ini kiranya ada perhatian yang serius dalam penanganannya.

Sebagai satu saran dari saya selain aturan yang sudah dimiliki saat ini di masing-masing daerah tentang pembayaran denda oleh pemilik hewan ternak ini apabila ditangkap oleh petugas, maka sosialisasi dan kerja sama yang baik dengan perangkat desa setempat harus lebih ditingkatkan lagi. Sehingga ke depan jalan-jalan raya di Aceh akan bebas dari hewan-hewan ternak yang berkeliaran.

Begitu juga penambahan dalam qanun/perda apabila hewan ternak (kambing, sapi dan kerbau) menyebabkan kecelakaan bagi orang lain di jalan umum, maka pemiliknya wajib mengganti rugi segala kerugian yang dialami mereka sebagai korban. Oleh karena itu kepada para pemilik hewan ternak kita mengimbau agar tidak melepas ternaknya berkeliaran di jalan raya. Terima kasih.

Muhammad Yani
Ketua IPEMADU periode I
Email: muhdya@gmail.com

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help