SerambiIndonesia/

Droe Keu Droe

Aceh Butuh Pemimpin yang Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

SAYA berpendapat bahwa Aceh ke depan sangat membutuhkan pemimpin, baik gubernur di tingkat provinsi

Aceh Butuh Pemimpin yang Mampu Ciptakan Lapangan Kerja
net
Ilustrasi 

SAYA berpendapat bahwa Aceh ke depan sangat membutuhkan pemimpin, baik gubernur di tingkat provinsi maupun bupati/wali kota di tingkat kabupaten/kota, yang dapat menciptakan lapangan kerja di Aceh. Karena sekarang lapangan kerja di Aceh sangat sempit. Sebagai fakta bahwa jumlah pengangguran di Aceh dewasa ini sudah memasuki tahap yang sangat mengkhawatirkan.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Agustus 2015 sudah mencapai 217.000 orang. Kita merasa khawatir dengan bertambah jumlah pengangguran yang signifikan, akan membawa dampak negatif bagi kehidupan sosial di Aceh pasca MoU Helsinki.

Berdasarkan rujukan sejarah Sultan Iskandar Muda berhasil dalam menciptakan lapangan kerja yang sangat luas bagi para generasi muda Aceh dengan program “pula lada” (menanam lada/merica). Waktu itu, Sultan memerintahkan agar seluruh negeri membuka kebun lada, sehingga terseraplah tenaga kerja dalam jumlah besar.

Oleh karena itu, saya berharap ke depan akan lahir pemimpin yang mampu mengantisipasi pengangguran Aceh dan membuka peluang kerja di Aceh. Yang harus diingat oleh calon pemimpin yang saat ini ikut bertarung dalam Pilkada 2017 adalah membangun Aceh membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang handal.

SDM handal tersebut hendaknya merupakan putra-putri terbaik Aceh sendiri, sehingga tidak harus mengimpor tenaga-tenaga ahli dari luar --seperti dari Arab, Turki, India, dan Cina-- sebagaimana yang pernah dilakukan raja-raja Aceh tempo doeloe. Semoga masa depan “Aceh lon sayang” semakin baik, maju dan sejahtera.

Saifullah, S.Pd.
Wakil Ketua KOBAR GB Aceh Besar. Email: saiful_x71@yahoo.com

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help