Panwaslih Minta KIP Tes Ulang Saifannur

Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Bireuen mengabulkan gugatan bakal calon bupati Bireuen

Panwaslih Minta KIP Tes Ulang Saifannur

BIREUEN - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Bireuen mengabulkan gugatan bakal calon bupati Bireuen, H Saifannur SSos yang meminta agar dilakukan tes kesehatan ulang. Ketua DPD II Golkar Bireuen ini sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat secara jasmani (Neurobehaviour).

Hal itu diputuskan Panwaslih dalam sidang sengketa pamungkas, Selasa (18/10) sore. Permohonan sidang diajukan oleh Saifannur melalui kuasa hukumnya, M Ali Ahmad SH dan kawan-kawan pada 11 Oktober lalu.

Dalam salinan putusan setebal 18 halaman, Nomor 001/PS/Panwaslih-Bir/X/2016, Panwaslih memutuskan antara lain mengabulkan permohonan pemohon I (Saifannur) untuk sebagian, serta meminta Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen melaksanakan pemeriksaan kesehatan ulang di rumah sakit pemerintah daerah dalam waktu tiga hari sejak keputusan dibacakan, dengan mendapat pengawasan dari Panwaslih.

“Memerintahkan kepada Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Bireuen untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan ulang sesuai dengan peraturan perundang-undangan untuk pemohon di rumah sakit pemerintah daerah dalam waktu tiga hari sejak keputusan dibacakan, serta mendapatkan pengawasan dari Panwaslih Bireuen,” bunyi poin ketiga halaman terakhir salinan putusan tersebut.

Ketua Panwaslih Bireuen, Muhammad Basyir SHi MA saat ditanyai Serambi mengatakan, salinan keputusan sudah disampaikan ke pasangan calon, tim sukses, dan KIP Bireuen. “Itulah keputusannya,” ujarnya singkat.

Seperti diketahui, H Saifannur maju Pilkada Bireuen dengan menggandeng Dr H Muzakkar SH MSi sebagai wakilnya. Pasangan ini diusung oleh empat partai, yakni Golkar, NasDem, Demokrat, dan Partai Daulat Aceh (PDA).

Ketua tim sukses pasangan calon Saifannur-Muzakkar A Gani, H Mukhlis AMd menyambut baik keputusan Panwaslih. Menurutnya, keputusan itu adil dan bijaksana.

“Atas nama H Saifannur-Muzakkar, kami mengucapkan terimakasih kepada Panwaslih Aceh, Panwaslih Bireuen, KIP Aceh, KIP Bireuen, serta berbagai pihak lainnya atas lahirnya keputusan tersebut,” katanya.

Kepada para simpatisan, tim lapangan, serta para pendukung, ia minta agar terus bekerja dengan baik dan maksimal dalam rangka menghadapi Pilkada yang sudah tak lama lagi ini.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen, Mukhtaruddin SH MH, kepada Serambi, Selasa (18/10), mengaku sudah menerima salinan keputusan Panwaslih. Dia juga mengaku bahwa dalam sidang terakhir di Panwaslih Bireuen, dua komisioner dan beberapa staf KIP Bireuen juga ikut hadir.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: hasyim
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help