SerambiIndonesia/

9 CCTV Pelabuhan Simeulue tak Berfungsi

Sebanyak sembilan kamera pengawas atau CCTV yang terpasang di kompleks Pelabuhan

9 CCTV Pelabuhan Simeulue tak Berfungsi
CCTV yang dipasang di komplek pelabuhan penyeberangan Kuta Batu, Simeulue Timur, tidak berfungsi, Senin (31/10). Sebanyak sembilan kamera pengawas yang dipasang di kawasan itu kini hanya pajangan saja. 

SINABANG - Sebanyak sembilan kamera pengawas atau CCTV yang terpasang di kompleks Pelabuhan Penyeberangan Kuta Batu, Simeulue Timur, dilaporkan tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain masih terpasang dengan baik, dua kamera di antaranya sudah tumbang setelah tiangnya rubuh diterpa angin. Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Kuta Batu Simeulue Timur, Khairul Amin yang dikonfirmasi Serambi, Senin (31/10) membenarkan sembilan CCTV di kompleks pelabuhan tidak lagi berfungsi. Selain CCTV, layar monitor yang tersambung dengan kamera pengawas itu juga tidak bisa difungsikan.

“Semua CCTV tidak berfungsi. Kita di sini hanya menggunakan saja. Semua pengadaan, pemasangan dan perawatan itu dari provinsi. Sekitar tiga sampai empat bulan setelah dipasang ada berfungsi. Kalau tidak salah pemasangan CCTV tahun anggaran 2013,” kata Khairul.

Menurutnya petugas dari provinsi sudah pernah datang ke Simeulue untuk mengecek fasilitas CCTV tersebut. Sejak saat itu sampai dengan saat ini CCTV tersebut juga belum berfungsi sebagaimana mestinya. “CCTV sangat penting dan memang harus ada di pelabuhan,” ujar petugas Dishubkomintel Simeulue yang ikut mendampingi Kepala UPTD setempat.

Closed Circuit Television (CCTV) atau televisi sirkuit tertutup tidak seperti televisi biasa yang merupakan sinyal siaran. Pada umumnya CCTV digunakan sebagai pelengkap keamanan dan banyak dipakai di dalam industri-industri seperti militer, bandara, toko, kantor, pabrik dan bahkan sekarang perumahan pun telah banyak yang menggunakan teknologi ini.

Kamera CCTV ini berfungsi sebagai alat pengambil gambar, ada beberapa tipe kamera yang membedakan dari segi kualitas, penggunaan dan fungsinya 2 hal yang paling utama adalah, camera CCTV analog dan Camera CCTV Network. Kamera analog menggunakan satu solid kabel untuk setiap kamera yang berarti, setiap kamera akan harus terhubung ke DVR atau system secara langsung.

Sedangkan Camera Network atau yang biasa di sebut IP Kamera, bisa menggunakan jejaring yang berarti akan menghemat dari segi instalasi karena network bersifat pararel dan bercabang tidak memerlukan satu kabel khusus untuk tiap kamera dalam pengaksesannya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help