Kereta Api Krueng Geukueh Beroperasi Lagi

Kereta Api Aceh rute Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, ke Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Kamis (3/11), kembali beroperasi

Kereta Api Krueng Geukueh Beroperasi Lagi
SERAMBINEWS.COM/PARLAUNGAN LUBIS
Rel Kereta Api

LHOKSUKON - Kereta Api Aceh rute Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, ke Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Kamis (3/11), kembali beroperasi. Hal itu ditandai pemotongan pita oleh Direktur Keselamatan Perkeretaapian Direktorat Jenderal Perkerataapian, Edi Nur Salam, di Stasiun Krueng Mane, Aceh Utara.

Untuk diketahui, kereta api jalur tersebut pernah beroperasi pada 2013. Tapi tak lama kemudian, operasionalnya terhenti setelah terjadi kecelakaan. Saat itu pihak kepolisian memasang garis polisi (police line) di jalur tersebut. Namun sekarang persoalan tersebut sudah diselesaikan, sehingga sudah bisa dioperasikan kembali.

“Saat ini rutenya memang masih sangat pendek. Tapi ke depan kita akan terus menambah jalur kereta api, sehingga masyarakat Aceh dapat menikmati transpotasi kereta api. Program untuk mengembangkan jalur kereta api ke seluruh Aceh terus dilakukan,” kata Edi Nur Salam, kepada Serambi, Jumat (4/11) kemarin.

Ia menyebutkan, kereta api tersebut akan beroperasi 10 kali perjalanan dalam sehari pada rute sepanjang 11,3 kilometer (Km), dengan waktu tempuh sekitar 32 menit. Kerata api itu berdaya tampung 192 penumpang orang dengan harga tiket Rp 1.000/penumpang. “Kita berharap masyarakat mendukung adanya kereta api ini, terutama untuk soal keamanan, sehingga ke depan tak ada lagi kecelakaan,” ujar Edi.

Menurut Edi, pengerjaan proyek Kereta Api Trans Sumatera dari Aceh ke Bandar Lampung ditargetkan bisa selesai 2019. Untuk membangun jalur itu dibutuhkan dukungan semua pihak. “Tahun depan pengerjaan proyek Kereta Api Trans Sumatera, direncanakan dari Sumatera Utara sampai ke Langsa, lalu dilanjutkan dari Langsa ke Lhokseumawe dan Bireuen,” pungkas Edi.(jaf)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved