Droe Keu Droe

Biaya Pengurusan SKSR di RSJ tak Rasional

RABU, 26 Oktober 2016, sekitar pukul 14.30 WIB, saya datang ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh

Biaya Pengurusan SKSR di RSJ tak Rasional

RABU, 26 Oktober 2016, sekitar pukul 14.30 WIB, saya datang ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh, untuk mengurus/mendapatkan Surat Keterangan Sehat Rohani/Jiwa (SKSR). Di sana, petugas yang melayani saya menyampaikan bahwa syarat untuk mengurus SKSR adalah foto copy KTP dan biaya sebesar Rp 137.500 (seratus tiga puluh tujuh ribu lima ratus rupiah).

Setelah itu saya mempertanyakan kepada petugas “mengapa biayanya mahal sekali? Dan ini sangat mencekik masyarakat”? Lalu, petugas tersebut menjawab, “Itu sudah aturan pak dan ini masih tarif lama. Bisa jadi tahun depan lebih mahal lagi,” katanya. Selanjutnya saya disuruh menuju kasir untuk melakukan pembayaran secara cash dan saya diberikan kwitansi bukti pembayaran oleh kasir.

Pada saat pembayaran di kasir saya kembali mempertanyakan, mengapa biaya pengurusan SKSR terlalu mahal; kasir menyampaikan ini sudah aturan pak. Lalu saya menuju ruangan tes, menyerahkan berkas dan kwitansi untuk ikut tes. Pada saat tes, kami hanya diberikan soal tes tulis dan setelah itu disuruh tunggu dan tak lama kemudian SKSR pun selesai.

Bapak Direktur RSJ Aceh yang saya hormati, itulah sedikit cerita tentang pengurusan SKSR yang sangat menyusahkan masyarakat. Banyak orang di belakang saya sangat terganggu dengan kondisi ini. Masyarakat hari ini sudah sangat sulit dari segi ekonomi, jangan dipersulit lagi dengan aturan-aturan yang mencekik mereka, apalagi berhubungan dengan uang.
Biaya yang dikeluarkan dengan pelayanan dan fasilitas yang didapat masyarakat tidak sebanding, tidak rasional. Hanya satu eksemplar soal tes tulis dan selembar SKSR dihargai Rp 137.500. Selain itu, tidak ada penjelasan rinci secara tertulis atau lisan, biaya sebesar itu untuk apa saja.

Dedy Almubarak
Jl. Utama Sp. Meunasah Rukoh Kec. Syiah Kuala, Banda Aceh. Email: dedyalmubarak40@gmail.com

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help