Semua Rohingya Sudah ke Medan

Sebanyak 77 orang etnis Rohingya yang selama ini tinggal di kamp penampungan pengungsi

Semua Rohingya Sudah ke Medan
PETUGAS Imigrasi mendata etnis Rohingya di shelter Desa Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara pascatawuran sesama mereka, Minggu (23/8).SERAMBI/SAIFUL BAHRI 

*Persiapan Keberangkatan ke AS

LANGSA - Sebanyak 77 orang etnis Rohingya yang selama ini tinggal di kamp penampungan pengungsi di Gampong Timbang Langsa, Kecamatan Langsa Baro, telah dipindahkan ke Medan secara bertahap. Rombongan terakhir sebanyak 21 orang diberangkatkan Jumat kemarin. Selanjutnya mereka akan diberangkatkan ke negara ketiga, Amerika Serikat (AS).

Wakil Satgas Penanggulangan Pengungsi Rohingya Suriyatno kepada Serambi, Jumat (18/11) mengatakan, pemindahan tersebut berdasarkan hasil rapat berapa waktu lalu yang dihadiri IOM, Kemenkopolhukam RI, UNHCR, Dirjen Imigrasi, Kementerian Luar Negeri, perwakilan dari Pemerintah Amerika Serikat, Pemerintah Kota Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, dan beberapa pihak lainnya.

“Telah sepakati bahwa pemerintah Amerika Serikat menerima secara menyeluruh pengungsi Rohingya yang ada di Aceh ini untuk dipindahkan ke sana. Kemudian dalam kurun waktu 6 bulan sejak November 2016, akan dilakukan persiapan-persiapan untuk keberangkatan mereka ke AS,” kata Suriyatno.

Dijelaskan Suriyatno yang kini menjabat Asisten I Pemko Langsa ini, bahwa semua pengungsi Rohingya asal Myanmar ini terlebih dahulu dipindahkan ke Medan, Sumatera Utara dan ditempatkan sementara di Hotel Baraspati. Mereka akan diwawancara secara khusus sebelum diberangkatkan ke AS.

“Terakhir hari ini (kemarin-red) sebanyak 21 warga Rohingya laki-laki sudah dipindahkan ke Medan. Sebelumnya dalam 5 tahap pemindahan yang telah dilakukan, jumlah total mereka ditambah yang terakhir diberangkatan hari ini (kemarin-red) mencapai 77 orang, “ ujarnya.

Dia menambahkan, para pengungsi muslim etnis Rohingya ke Medan kini ditempatkan sementara di Hotel Beraspati.

Namun terkait keberadaan kamp pengungsian yang baru setahun terakhir selesai dibangun donatur, akan dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan pendidikan seperti Diklat Pemko Langsa, pelatihan Satpol PP, maupun bencana alam, dan lainnya.

Kasie Lintaskim Kantor Imigrasi Kelas II Langsa, Fauzi Yusuf SH, yang dihubungi terpisah merincikan, dari enam kali proses pemberangkatan pengungsi etnis Rohingya ke Medan dengan jumlah total 77 orang, diawali padal 28 Juli lalu sebanyak 4 orang. “Sementara terkait akomodasi para pengungsi muslim asal Myanmar ini saat berada di Medan, akan ditanggulangi secara penuholeh pihak IOM,” jelas Fauzi Yusuf.(zb)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved