Antisipasi Perbuatan Maksiat pada Tahun Baru, Satpol PP dan WH Abdya Sisir Lokasi Wisata

Sementara itu, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Abdya, minta pemerintah setempat

Antisipasi Perbuatan Maksiat pada Tahun Baru, Satpol PP dan WH Abdya Sisir Lokasi Wisata
KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES

Laporan Zainun Yusuf| Aeh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Personel Wilayatul Hisbah (WH) dibantu petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), melancarkan patroli dengan menyisir lokasi wisata pantai laut dan aliran sungai, sejak Sabtu (31/12/2016) malam, berlanjut hingga Minggu (1/1/2017) sore.

Kepala Kantor Satpol PP dan WH Abdya, Riad SE dihubungi Serambinews.com menjelaskan, kegiatan patroli dilancarkan sebagai upaya mengantisipasi perbuatan khalwat atau mesum, terutama di kalangan remaja di lokasi-lokasi wisata pada malam pergantian tahun dan pada tahun baru Masehi 2017.

Kegiatan patroli dilancarkan pada lokasi wisata pantai laut dan aliran sungai yang diperkirakan akan ramai pengunjung pada Sabtu (31/12/2016) malam, berlanjut hingga tahun baru, Minggu (1/1/2017). “Bila ada pengujung yang berani melakukan pelanggaran terhadap qanun, maka pasti diambil tindakan,” katanya.

Riad mengatakan, personel yang diterjunkan untuk menyisir lokasi wisata pada tahun baru tidak kurang 80 orang, terdiri dari personel WH dan Satpol PP sebagai pengamanan. Mereka menggunakan empat sampai lima mobil patroli, termasuk mobil Kasat.

Lokasi wisata pantai laut dan aliran sungai yang ramai pengunjung, terutama pada tahun baru 2017 yang jatuh hari Minggu (1/1/2017), seperti lokasi aliran sungai (krueng) Seumanyam di perbatasan Abdya dengan Kabupaten Nagan Raya.

Aliran Krueng Babahrot Kecamatan Babahrot, Alue Sungai Pinang Kecamatan Jeumpa, Krueng Beukah, Bendungan Irigasi Kuta Tinggi, Kila, Kecamatan Blangpidie, serta aliran sungai Krueng Baru di perbatasan Abdya dengan Kabupaten Aceh Selatan.

Sedangkan pantai laut yang ramai pengunjung, seperti Pantai Jilbab, Pantai Bali, Pantai Cemara Indah dan Pantai Sangkalan Kecamatan Susoh, Pantai Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, Pantai Lhok Pawoh dan Pasie Ujong Manggeng Kecamatan Manggeng.

Sementara itu, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Abdya, minta pemerintah setempat agar tidak memberikan izin dan dukungan terhadap segala bentuk kegiatan menyambut pergantian tahun baru Masehi 2017. Bila ada pihak yang nekat menggelar pesta pora, pembakaran mecon, kembang api, meniup terompet dan sejenisnya diminta Pemkab, dalam hal ini, petugas Satpol PP dan WH untuk mengambil tindakan.

Ketua MPU Abdya, Tgk Muhammad Dahlan kepada Serambinews.com menjelaskan, MPU telah mengeluarkan surat imbauan, Nomor 451.7/167/ABD/2016 terkait berakhir tahun 2016 dan tiba tahun baru Masehi, 2017.(*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help