Pedagang Kuliner Hilang Omzet

Para pedagang makanan siap saji (kuliner) di Jalan Langgar Square dan Jalan Rel Kereta Api, Gampong Bandar Bireuen

Pedagang Kuliner Hilang Omzet
SERAMBINEWS.COM
Marissa Haque mencicipi kuliner khas Bireuen, Sate Matang.

* Akibat Tumpukan Sampah di Jalan Langgar Square

BIREUEN - Para pedagang makanan siap saji (kuliner) di Jalan Langgar Square dan Jalan Rel Kereta Api, Gampong Bandar Bireuen, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, mengaku kehilangan omzet akibat banyaknya tumpukan sampah di kawasan itu. Pasalnya pembeli enggan datang karena bau sampah yang sangat menyengat.

Asmidar (38), pedagang gorengan, kepada Serambi, Sabtu (7/1) sore mengatakan, sampah itu tidak hanya mengganggu aktivitas warga yang melewati jalan itu, tapi juga berimbas pada para pedagang. “Kami pedagang makanan dan minuman juga dirugikan dengan tumpukan sampah, banyak pembeli menghindar karena bau sampah,” katanya.

Menurut Asmidar, masyarakat yang sering membuang sampah di persimpangan antara Jalan Langgar Square dan Jalan Rel Kereta Api itu, bukan warga kawasan tersebut. Kebanyakan warga desa lain. “Ada yang menggunakan sepeda motor dengan membawa sampah dari rumahnya, lalu dibuang di tempat itu,” ujarnya.

Hal senada dikatakan pedagang lainnya, Hasan Basri (47). Ia mengatakan, tumpukan sampah tersebut sangat menggangu saat ia dan pedagang kuliner lainnya berjualan. “Kalau begini terus, sampah berserakan, tentu saja pengunjung tidak mau singgah untuk menikmati hidangan kuliner di kawasan Langgar Square ini, dan akhirnya kami rugi,” ujar Hasan.

Selama ini, katanya, dinas terkait hanya sehari sekali menggangkut sampah di kawasan itu, yaitu pada pagi hari. Sementara masyarakat membuang sampah di kawasan Langgar Square sesuka hatinya dan kapan saja. Walaupun di lokasi itu sudah dipasangi tanda peringatan dilarangmembuang sampah.

Amatan Serambi, sampah terlihat bertumpuk di persimpangan jalan antara Jalan Langgar Square dan Jalan Rel Kereta Api, Gampong Bandar Bireuen, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, Sabtu (7/1). Meski dinas terkait sudah menyediakan lokasi untuk membuang sampah, tapi masih saja ada warga yang membuang sampah di lokasi itu.

Tangkap dan Beri Sanksi
HASAN Basri berpendapat, seharusnya pemerintah atau pihak-pihak terkait menangkap dan memberikan sanksi terhadap masyarakat yang membuang sampah di kawasan tersebut. “Jika masih terus mengulangi perbuatannya, tindak tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku,” harap Hasan Basri.(c38)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved