Teknik Mesin Pamerkan Mobil Listrik

Mobil listrik yang diberi nama Malem Diwa, karya mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unsyiah

Teknik Mesin Pamerkan Mobil Listrik
SEBUAH mobil listrik dipamerkan di halaman Kampus Fakultas Teknik Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Sabtu (7/1). Mobil hemat energi yang diberi nama Malem Diwa karya mahasiswa jurusan Teknik Mesin Unsyiah itu pernah diikutkan dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) UGM Yogjakarta tahun 2016 lalu. 

BANDA ACEH - Mobil listrik yang diberi nama Malem Diwa, karya mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unsyiah dipamerkan dalam Mekanikal Expo di Komplek Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh. Expo itu digelar memperingati rangka Milad ke-40 Teknik Mesin Unsyiah tahun 2017.

Ketua Panitia, Ir H Asbar Razali MSME mengatakan, mobil listrik hemat energi merupakan karya mahasiswa jurusan teknik mesin FT Unsyiah. Mobil hemat energi ini sudah pernah mendapat penghargaan dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yang diselenggarakan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogjakarta tahun 2016 lalu.

Asbar Razali menambahkan, tiga unit mobil listrik yang dipamerkan itu, dua diantaranya prototipe mobil hemat energi dengan konsep mobil masa depan yang aerodinamis sedangkan satu unit lagi mobil Urban yang ukurannya mirip dengan mobil bentuk aslinya. “Mobil ini karya mahasiswa teknik mesin Unsyiah yang sudah pernah mengikuti kontes mobil hemat energi di UGM Yogjakarta,” ujar H Asbar Razali.

Rangkaian kegiatan Milad ke-40 jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unsyiah dibuka oleh Rektor Unsyiah, Prof Dr Syamsul Rizal MEng, Sabtu (7/1) siang. Dalam kata arahannya, Syamsul Rizal yang juga alumni teknik mesin Unsyiah mengharapkan, agar mahasiswa jurusan teknik mesin terus mengikuti jejak para alumni yang sudah sukses, baik di dalam maupun luar negeri. Pada saat jurusan teknik mesin Unsyiah dalam tahap rintisan, katanya, banyak para alumni yang sudah sukses meniti karier, meskipun dengan fasilitas yang sangat minim. “Saya berharap jurusan teknik mesin yang sudah meraih akreditasi A dapat berkarya lebih baik lagi di masa mendatang,” ujar Syamsul Rizal yang didampingi dosen teknik mesin, Prof Dr Ir Husaini MT.

Selain Mekanikal Expo, memperingati Milad ke-40 jurusan teknik mesin juga dirangkai dengan kuliah tamu oleh Ir Amri AK MM (direktur Pengawasan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Dirjen PPK dan K3 Kemenaker RI, Ir Iskandar Zulkanain yang membahas tentang Pengeboran Minyak Lepas Pantai dan seminar tentang Pengenalan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 oleh Ir Ismail Ramli. “Pada puncak peringatan Milad ke-40, hari ini, digelar funwalk dan syukuran bersama atas keberhasilan jurusan teknik mesin Unsyiah meraih akreditasi A,” ujar seorang mahasiswa teknik mesin Unsyiah, Rizki.(min)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help