Hikmah Wakilah akan Sediakan Mobil Kas

PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Hikmah Wakilah akan menyediakan mobil kas keliling agar semakin

Hikmah Wakilah akan Sediakan Mobil Kas
Pemimpin Umum Harian Serambi Indonesia H Sjamsul Kahar didampingi Pemimpin Perusahaan, Mohd Din menyambut kunjungan silaturahmi Dirut Bank Hikmah Wakilah, Sugito (empat dari kanan) bersama Komisaris Utama T Safir Iskandar Wijaya, Komisaris Irfan Sofni, dan Dewan Pembina Syariah Nazaruddin A Wahid di Redaksi Harian Serambi Indonesia, Meunasah Manyang PA, Aceh Besar, Rabu (18/1/2017). SERAMBI/M ANSHAR 

BANDA ACEH - PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Hikmah Wakilah akan menyediakan mobil kas keliling agar semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama di kawasan pasar. Selain itu, bank ini juga menyediakan pelayanan online yang akan menjangkau sekolah-sekolah, pusat pasar tradisional di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Direktur Utama (Dirut) PT BPRS Hikmah Wakilah Sugito menyampaikan hal ini saat berkunjung ke Kantor Harian Serambi Indonesia di Gampong Meunasah Manyang PA, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (18/1). Selain Sugito, turut hadir dalam kunjungan ini Komisaris Utama T Safir Iskandar Wijaya, Komisaris Irfan Sofni, dan Anggota Dewan Pembina Syariah Nazaruddin A Wahid.

Kedatangan mereka diterima Pemimpin Umum Serambi H Sjamsul Kahar, Pemimpin Perusahaan Mohd Din, Wakil Manajer Iklan Kurniadi, dan Redaktur Ekonomi Mursal Ismail.

“Sasaran utama kita adalah UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), hanya sepuluh persen pembiayaan untuk sektor konsumtif PNS dan karyawan swasta. Jadi pelayanan ini bermaksud untuk mendekatkan nasabah dengan bank,” kata Sugito.

Sugito menyebutkan hingga kini, Hikmah Wakilah selain berkantor Pusat di Peunayong, juga memiliki satu kantor cabang di Lambaro, dan tiga kantor kas, yakni di Ulee Kareng, Keutapang, dan Darussalam. “Ke depan BPRS Hikmah Wakilah juga akan menambah jaringan kantor di beberapa kabupaten/kota di Aceh,” ujarnya.

Menanggapi paparan Sugito bahwa Hikmah Wakilah lebih memfokuskan pembiayaan untuk UMKM, Pemimpin Umum Serambi H Sjamsul Kahar menyambut baik hal ini. Menurutnya, sebagaimana diketahui sektor informal sering terabaikan.

“Padahal usai tsunami mereka lah yang menghidupkan kembali ekonomi Aceh. Mudah-mudahan keberadaan Hikmah Wakilah bisa berjalan dan bermanfaat demi pemerataan ekonomi,” harap Direktur Utama PT Aceh Media Grafika ini.

Pada kesempatan itu, Dirut PT BPRS Hikmah Wakilah Sugito juga mengungkapkan selama 2016, pembiayaan yang disalurkan bank itu mencapai 39,2 miliar untuk modal 1.400-1.500 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), seperti untuk pedagang ikan, lontong, sayur, dan lain-lain. Rasio pembiayaan bermasalah hanya3,5 persen. “Jumlah pembiayaan yang kami salurkan itu meningkat 41 persen dibanding periode yang sama 2015 yang ketika itu Rp 27,8 miliar,” sebutnya.

Adapun realisasi pencapaian target Desember 2016, kata Sugito bank itu berhasil menghimpun dana pihak ketiga dalam bentuk tabungan dan deposito dari 1.000 lebih nasabah Rp 46,6 miliar atau meningkat 43 persen dibanding 2015.

Sugito menambahkan, pertumbuhan bisnis Hikmah wakilah sangat menggembirakan dengan jumlah aset bank hingga 2016 mencapai Rp 65,1 miliar atau meningkat 49 persen dibanding tahun sebelumnya. Ada pun perolehan laba 2016 sebesar Rp 1,84 miliar atau meningkat 61 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Hikmah Wakilah telah meraih empat penghargaan dari Infobank dan insya Allah bisa mendapat golden award. Berdasarkan kinerja selama empat tahun terakhir, kami optimis mencapai target pertumbuhan di atas 20 persen pada tahun ini dan pada 2019 memiliki aset di atas Rp 100 miliar” demikian Sugito. (rul)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help