Imigrasi Amankan Dua WNA

Kantor Imigrasi Meulaboh, Aceh Barat, mengamankan dua warga negara asing (WNA) asal Thailand

Imigrasi Amankan Dua WNA
SERAMBI/TEUKU DEDI ISKANDAR
AMANKAN WARGA ASING-Petugas Imigrasi Kelas II B Meulaboh mengamankan dua orang warga negara asing (WNA) asal Thailand yang berhasil ditangkap di kawasan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Jumat (20/1) sore. Kedua warga asing ini diduga menyalahgunakan Visa izin kunjungan dan diduga digunakan untuk bekerja.SERAMBI/TEUKU DEDI ISKANDAR 

* Diduga Menyalahgunakan Visa Kunjungan

MEULABOH - Kantor Imigrasi Meulaboh, Aceh Barat, mengamankan dua warga negara asing (WNA) asal Thailand. Keduanya ditangkap di kawasan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Kamis (19/1). Dua warga asing tersebut Mr Anirut Suksuwan (40) asal Songkhla dengan nomor Paspor AA6774723, serta rekannya bernama Muhammad Atmee Baso (48) asal Yala, Thailand dengan nomor Paspor T763966, hingga kemarin masih dimintai keterangan di Kantor Imigrasi Meulaboh.

Keterangan yang diperoleh Serambi menyebutkan, dua warga asing tersebut masuk ke Indonesia sekitar tanggal 4 Januari 2017 melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar. Keduanya dilaporkan akan kembali ke Thailand pada 25 Januari 2017, sesuai jadwal tiket pesawat. Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Imigrasi Kelas II B Meulaboh Jamaluddin kepada sejumlah wartawan mengatakan penangakapan terhadap dua warga asing asal Thailand tersebut karena diduga kuat menyalahgunakan visa kunjungan wisata.

“Dua warga asing ini kita amankan setelah diketahui keberadaannya melanggar visa kunjungan, dan diduga digunakan untuk bekerja yakni melakukan survei di Aceh Jaya,” kata Jamaluddin.

Ia menyebutkan visa yang dimiliki warga asing itu merupakan visa jenis exemption yakni visa yang dikeluarkan untuk tujuan wisata, mengikuti kegiatan pameran, rohaniawan, serta sejumlah ketentuan lainnya dan tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan bekerja. “Keduanya masih kita mintai keterangan, untuk diambil langkah selanjutnya,” kata Jamaluddin.

Segera Dideportasi
Pelaksanaan Harian Kepala Kantor Imigrasi Kelas II B Meulaboh Jamaluddin juga menambahkan dua warga Thailand tersebut dalam waktu dekat akan dikembalikan ke negara asalnya. “Keduanya segera dideportasi, karena telah menyalahi penggunaan visa,” tambahnya.

Menurutnya sejauh ini Imigrasi Meulaboh belum melakukan penindakan kepada keduanya terkait pelanggaran Undang-Undang Keimigrasian. Keduanya kemungkinan akan dikenakan sanksi deportasi atau dicekal berkunjung ke Indonesia.(edi)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved