SerambiIndonesia/

Bendera Alam Peudeung Berkibar di 2 Kabupaten

Dua alam peudeung--bendera Kerajaan Aceh pada 1511-1530 Masehi--ditemukan berkibar di Idi Rayeuk, Aceh Timur

Bendera Alam Peudeung Berkibar di 2 Kabupaten
Bendera alam peudeung dipasang pada tiang pagar lahan warga di Gampong Peukan Sot, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie, Minggu (23/1). Bendera itu kini telah diamankan Polres Pidie. SERAMBI/M NAZAR 

IDI - Dua alam peudeung--bendera Kerajaan Aceh pada 1511-1530 Masehi--ditemukan berkibar di Idi Rayeuk, Aceh Timur, maupun di wilayah Pidie, Senin (23/1) kemarin. Kini, kedua bendera tersebut telah diamankan pihak keamanan setempat.

Dari Idi Rayeuk dilaporkan, bendera alam peudeung pertama kali diketahui berkibar di atas gedung Kantor Setdakab Aceh Timur. Bendera itu awalnya terlihat oleh pegawai Disdukcapil dari jarak 100 meter dari lokasinya berdiri, Senin (23/1) pukul 13.50 WIB.

Kemudian sekitar pukul 14.00 WIB, seorang pegawai Pemkab Aceh Timur melaporkan hal itu ke Danramil Idi Rayeuk. Lalu, anggota Koramil Idi Rayeuk berkoordinasi dengan anggota Sat Intelkam Polres Aceh Timur.

Kemudian, sekitar pukul 14.10 WIB, Kasat Intelkam Polres Aceh Timur bersama anggotanya tiba di lokasi dan meminta seorang menurunkan bendera tersebut untuk diamankan.

Sekitar pukul 14.45 WIB, masyarakat kembali menemukan bendera alam peudeung berkibar di atas tower air di belakang Kantor Perikanan TPI Idi Rayeuk.

Tim gabungan dari Polsek dan Koramil, dan Polairud Idi Rayeuk bergegas menuju lokasi dan menurunkan bendera alam peudeung tersebut dan selanjutnya disita.

Dari Sigli, ibu kota Kabupaten Pidie dilaporkan, bendera alam peudeung berkibar di tiga lokasi di Pidie, Senin (23/1/). Polisi langsung mengamankan ketiga lembar bendera warna merah dengan gambar bintang bulan berwarna putih dan sebilah pedang tunggal di bawahnya.

Informasi dihimpun kemarin, bendera tersebut ditemukan warga berkibar di tiga lokasi berbeda. Yakni, di salah satu ruko di jalan lingkar Lampeudeu Baroh, Kecamatan Pidie.

Bendera itu juga dipasang di pagar lapangan sepakbola Blang Paseh, Kecamatan Kota Sigli, dan pada tiang pagar lahan warga di Gampong Peukan Sot, Kecamatan Simpang Tiga. Munculnya bendera itu tidak menghebohkan warga Pidie.

Kapolres Pidie, AKBP M Ali Kadhafi SIK, kepada Serambi Senin (23/1) mengatakan, bendera bergambar bintang bulan dan pedang ditemukan warga dipasang pada tiga titik oleh pelaku yang belum diketahui identitasnya.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help