Droe Keu Droe

Pak Bupati Aceh Besar, Warga Ingin Jaya Butuh Bak Sampah

SAYA dan masyarakat Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar lainnya --mulai dari arah Blang Bintang, Siron dan sekitarnya

Pak Bupati Aceh Besar, Warga Ingin Jaya Butuh Bak Sampah

SAYA dan masyarakat Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar lainnya --mulai dari arah Blang Bintang, Siron dan sekitarnya-- kini sangat membutuhkan tempat pembuangan sampah yang representatif.

Pengalaman saya selaku penduduk yang berdomisili dekat pasar Lambaro, tepatnya di Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, melihat bahwa warga kerap membuang sampah rumah tangga maupun pengusaha warung dengan mudah melempar ke sungai jembatan Lambaro.

Sangat disayangkan, karena hal ini selain meresahkan warga sekitar juga dapat mencemarkan air sungai yang senantiasa dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Warga juga kerap membuang “kotoran rumah tangganya” di badan jalan bekas Rel Kereta Api (jalan tembus Pasar Lambaro - Kantor Serambi Indonesia). Di sini justru lebih parah, hampir setiap hari sampah berupa pampers dan sampah berbau lainnya bertebaran hampir di sepanjang jalur tersebut.

Salah siapa? apakah kemudian kita harus menyalahkan warga dengan mevonis mereka tanpa otak dan segala macam. Tentu saja tidak. Amatan saya, pemerintah belum menyediakan tempat pembuangan sampah yang representatif bagi warga di Kecamatan Ingin Jaya, terutama di sepanjang jalur Blang Bintang arah Ingin Jaya hingga tembus ke Kantor Serambi Indonesia.

Pemerintah memang telah menyediakan bak sampah di pasar Induk Lambaro, tapi lokasi ini sangat tidak representatif. Warga sukar masuk ke pasar induk, bahkan untuk memasuki Pasar Induk mereka harus memutar jauh, konon lagi harus membayar parkir ketika memasuki pasar.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi keseleweran sampah sembarangan, saya dan tentu saja masyarakat umum lainnya saya kira sangat mengharapkan kepada pemerintah atau pihak berwenang agar dapat segera menyediakan bak sampah alternatif yang representatif bagi warga agar pencemaran sungai dapat diminimalisir dan kenyamanan masyarakat tetap terjaga tatkala melintasi jalur tersebut. Terima kasih.

Husaini Yusuf, S.P.
Warga Siron, Aceh Besar Email: hussainiyussuf85@gmail.com

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help