SerambiIndonesia/

Tafakur

Kata-kata Pemimpin

Sebaik-baik pemimpin kalian adalah mereka yang kalian cintai, dan mereka pun mencintai kalian

Kata-kata Pemimpin
Tafakur

Oleh Jarjani Usman

“Sebaik-baik pemimpin kalian adalah mereka yang kalian cintai, dan mereka pun mencintai kalian. Mereka mendoakan kalian, dan kalian pun mendoakan mereka. Dan seburuk-buruk pemimpin kalian adalah mereka yang kalian benci, dan mereka pun membenci kalian. Kalian melaknat mereka, dan mereka pun melaknat kalian” (HR Muslim, at-Tirmidzi, Ahmad & ad-Darimi).

Betapa bijak orang-orang dulu menciptakan kata-kata agar terwujud perdamaian dalam masyarakat. Seperti kata pepatah: “Bila pedang melukai tubuh, masih ada harapan sembuh. Tapi bila lidah melukai hati, kemana obat hendak dicari.” Hal ini menggambarkan betapa buruknya dampak dari kata-kata yang menyakitkan hati. Karena itu juga, Rasulullah SAW menekankan pentingnya mengendalikan kata-kata.

Rasulullah mengingatkan, bila kata-kata yang ingin dikeluarkan tidak bermanfaat, maka sebaiknya diurungkan saja pengucapannya. Apalagi bila kata-kata yang merusak, yang bukan hanya merusak orang lain tetapi juga merugikan pengucapnya. Sebab, dosa pasti akan mengalir kepadanya.

Dari kata-kata yang dikeluarkan juga bisa menandakan orang itu layak menjadi pemimpin rakyat banyak atau tidak. Sebab, seseorang pemimpin akan berhadapan dengan banyak mulut rakyat, yang masing-masing akan mengeluarkan kata-kata yang berbeda terhadap kinerja pemimpinnya. Menghadapi hal ini, tentunya seorang pemimpin harus berlapang dada. Bukan menambah keruh suasana dengan mengeluarkan kata-kata yang buruk, sehingga dibenci rakyatnya. Pemimpin yang baik adalah yang dicintai dan mencintai rakyatnya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help